Banjir dan longsor landa Mamuju Sulbar

id Banjir Mamuju,Banjir dan longsor,Banjir melanda Mamuju,longsor melanda Mamuju

Banjir dan longsor landa Mamuju Sulbar

Sejumlah warga di kota Mamuju melakukan evakuasi warga terjebak banjir ketempat lebih aman, setelah banjir melanda wilayah Kota Mamuju akibat hujan deras sejak pukul 15,30 WITA di Mamuju, Minggu (12/6/2022) ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

Mamuju (ANTARA) - Bencana Banjir dan longsor melanda sejumlah desa dan kelurahan di Kabupaten Mamuju, ibu kota Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Kepala Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Enny Angraeni Anwar, Minggu mengatakan, sejumlah desa dan kelurahan terendam banjir akibat hujan deras yang melanda wilayah Mamuju sejak Sabtu siang pukul 15.30 Wita.

Ia mengatakan, terdapat permukiman warga yang diterpa longsor serta sejumlah warga dievakuasi dari wilayah permukiman yang terdampak banjir.
 
Tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI dan Polri mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Lingkungan Sese, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Minggu (12/6). (ANTARA/HO/Basarnas Mamuju)

Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi puluhan warga yang terjebak banjir di Kelurahan Sese, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kabupaten Mamuju Muhammad Faturahman, dihubungi Minggu malam mengatakan, banjir cukup parah terjadi di Lingkungan Sese, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, dengan ketinggian air mencapai betis hingga pinggang orang dewasa.

Tim SAR gabungan dari Basarnas bersama TNI dan Polri serta BPBD kata Muhammad Faturahman, melakukan evakuasi warga terjebak banjir di tiga titik di Lingkungan Sese.

"Tim SAR gabungan fokus melakukan evakuasi di tiga kawasan perumahan. Setidaknya, masing-masing 40 Kepala Keluarga (KK) di setiap perumahan yang berhasil dievakuasi," terang Muhammad Faturahman.

Proses evakuasi warga terjebak banjir di Lingkungan Sese lanjutnya, sedikit terhambat akibat derasnya arus air yang menggenangi kawasan itu.

"Kalau hambatan, hanya arus air yang cukup deras. Tetapi, proses evakuasi tetap berjalan lancar," ujar Muhammad Faturahman.


Sementara itu, Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik, pada Minggu malam langsung meninjau kawasan terendam banjir di Lingkungan Sese.

Ia meminta agar BPBD, pemerintah kabupaten, Dinas Sosial serta Dinas PUPR agar terus berkoordinasi untuk memastikan kesiapan armada di lokasi rawan longsor.


"Fokus dulu pada penyelamatan korban. Jangan sampai masyarakat kita tidak mendapatkan pelayanan kebencanaan," ujar Akmal Malik.

Banjir yang merendam sejumlah kawasan di Kabupaten Mamuju sejak Minggu sore hingga malam akibat hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, mengguyur wilayah itu.

Banjir juga sempat memutus jalur trans Sulawesi di Desa Bambu, Kecamatan Mamuju dan di Simpang Empat Simbuang.

Sejumlah warga yang rumahnya terendam banjir, terpaksa mengungsi di Terminal Simbuang, akibatnya hingga Minggu malam sekitar pukul 21. 30 Wita, hujan masih terus mengguyur wilayah Kabupaten Mamuju.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Banjir dan longsor melanda Mamuju
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2022