Pancasila Menyapa Negeri,TNI-Polri tanam bakau

id pancasila menjaya

Pancasila Menyapa Negeri,TNI-Polri tanam bakau

Pancasila Menyapa Negeri, TNI Polri serta Persit Chandra Kirana tanam pohon bakau di Kolaka (foto Antara/Darwis Sarkani)

Kolaka (ANTARA) -
Kodim 1412 Kabupaten Kolaka Sultra bekerja sama dengan Polri,masyarakat dan mahasiswa melaksanakan kegiatan penghijauan berupa penanaman pohon mangrove dan mahoni di desa Palewai Kecamatan Tanggetada sebagai wujud kepedulian dalam  pelestarian lingkungan khususnya daerah pesisir pantai,

Dandim Kolaka,Letkol KAV Amran Wahid dalam kegiatan itu mengatakan selain melibatkan unsur Pemerintah dan masyarakat juga melibatkan PT.Antam untuk menjaga kelestarian lingkungan khususnya diwilayah pesisir pantai.

Kegiatan ini kata dia sebagai wujud program Kodim yakni "Pancasila menyapa Negeri" bersama hijaukan bumi Indonesia demi masa depan generasi penerus.

"Dalam kegiatan penanaman bakau ini kita juga melibatkan persatuan ibu-ibu Persit Chandra Kirana," katanya.

Menurut Amran, menjaga dan melestarikan lingkungan adalah bagian dari Pengamalan Pancasila khususnya Sila Pertama karena menjaga alam adalah perilaku orang yang beriman.

Begitu juga dalam  Agama lanjut dia dianjurkan agar Alam senantiasa harus dijaga dan dipelihara dan tidak boleh dirusak bahkan Alam harus diperlakukan adil oleh manusia dengan cara menjaga dan melestarikannya.

" manfaat dari pohon dapat merubah karbondioksida menjadi oksigen yang bersih dan sehat serta menjaga udara terhindar dari polusi dan pencemaran udara sehingga dapat dihirup oleh manusia," ungkap Amran Wahid.

 Dandim juga menjelaskan tujuan dari penghijaun pada hakekatnya untuk menghindari dan menjaga diri dari berbagai bencana alam seperti banjir, longsor, erosi, abrasi pantai, mengurai limbah serta untuk menjaga kelestarian alam.

Untuk itu pihaknya mengimbau kepada warga sekitar dan pemerintah khususnya kepada para mahasiswa dan pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa untuk dapat  menjaga dan merawat sekaligus melestarikan tanaman mangrove dan mahoni sampai tumbuh besar  supaya nantinya bisa bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.
 
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar