Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menetapkan batas pengeluaran dana kampanye setiap pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota di wilayah itu pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 sebesar Rp26,638 miliar.

Koordinasi Devisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kota Kendari, La Ode Hermanto, di Kendari, Kamis, mengatakan  pengeluaran dari dana kampanye tersebut terbagi atas beberapa item kegiatan, diantaranya pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka atau dialog.

"Kemudian, pembuatan dan penyebaran bahan kampanye, jasa mengirim konsultasi terhadap alat peraga kampanye (APK), pembuatan APK seperti baliho, spanduk, brosur, pamplet, serta kegiatan lainnya yang tidak melanggar aturan kampanye," katanya.

Untuk sumbangan dana kampanye yang diterima peserta Pilkada diperbolehkan, kata dia, apabila berasal dari orang pribadi dengan batasan maksimal sebesar Rp75 juta, sedangkan dari pihak swasta yang diperbolehkan maksimal Rp750 juta.

"Ketentuan tersebut tercantum dalam keputusan KPU Kota Kendari PKPU 14 Tahun 2024, dan angka tersebut juga merupakan hasil rapat koordinasi  digelar KPU Kota Kendari bersama tim pasangan calon dan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Kendari," ujarnya.

Hermanto menyampaikan bahwa pentingnya transparansi dalam penggunaan dana kampanye setiap pasangan calon, untuk itu wajib melaporkan penggunaan dana mereka melalui sistem informasi dana kampanye (Sidakam), yang kemudian akan diaudit kantor akuntan publik (KAP).

Untuk dana kampanye tersebut, KPU Kota Kendari sebelumnya sudah meminta laporan awal dana kampanye (LADK) dari masing-masing paslon sehingga bisa diketahui dana kampanye yang telah disiapkan paslon.

Dia mengimbau calon wali kota dan wakil kota Kendari berkampanye dengan menyampaikan program visi misi yang bertujuan  memajukan Kota Kendari, berkampanye dengan tidak menjatuhkan martabat paslon lain, serta kampanye dengan menciptakan pilkada yang damai dan kondusif.

"Paslon wali kota dan wakil wali kota Kendari yakni nomor urut 1 Siska Karina Imran-Sudirman,  nomor urut 2 Yudhi Mahardika-Nirna Lachmuddin, nomor urut 3 Sitya Giona Nur Alam-Subha, nomor urut 4 Aksan Jaya Putra-Andi Sulolipu, dan nomor urut 5 pasangan Abdul Razak-Afdhal, "sebut Hermanto.

Kampanye pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Kendari pada Pilkada serentak 27 November 2024, sudah dimulai sejak 25 September dan berlangsung hingga 23 November 2024.

Pewarta : Azis Senong/Andika
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024