Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan kesempatan kepada warga untuk menanggapi hasil verifikasi administrasi (vermin) terhadap empat bakal pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara pada Pilkada 2024.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Parmas, dan Sumber Daya Manusia KPU Provinsi Sultra Amiruddin di Kendari, Minggu, mengatakan pihaknya telah memeriksa ulang berkas para calon gubernur dan wakil gubernur, seluruhnya dinyatakan lengkap.

"Dan sekarang ini masuk dalam tahapan tanggapan masyarakat," katanya.

Dia menyebutkan tahapan tanggapan masyarakat tersebut sangat penting dilakukan karena memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan terhadap bakal paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra.

“Selain memiliki hak untuk menentukan pilihannya pada Pilkada 2024, masyarakat juga bisa menyampaikan masukan kepada kami mengenai para bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan maju pada pemilihan kepala daerah tahun ini,” ujarnya.

Amiruddin mengatakan tanggapan masyarakat tersebut akan dilaksanakan hingga 18 September mendatang, dan nantinya masukan atau tanggapan dari masyarakat tentu menjadi bahan evaluasi KPU Sultra untuk kembali melakukan verifikasi.

“Masukan masyarakat tersebut tentunya menjadi bahan bagi kami dalam melaksanakan verifikasi terhadap para Balon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra,” ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara telah menerima seluruh perbaikan syarat administrasi dari empat bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra yang telah mendaftar pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KPU Sultra, Asril, di Kendari, Rabu (11/9) mengatakan semua berkas perbaikan telah kita terima melalui (LO) atau penghubung masing-masing paslon pada Minggu (8/9) hingga pukul 23.59 Wita.

"Perbaikan administrasi oleh para bakal calon dilakukan dengan merujuk berita acara hasil verifikasi administrasi yang telah disampaikan pada tanggal 5 September 2024, selain itu KPU Sultra juga melakukan klarifikasi ke instansi terkait, khususnya syarat ijazah SMA para calon yang merupakan syarat wajib," katanya.

Ia mengungkapkan semua perbaikan berkas atau dokumen empat bakal paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra pada pilkada 2024 yang ada di wilayah itu dipastikan sudah lengkap, masing-masing pasangan Andi Sumangerukka dan Hugua, yang diusung PPP, Partai Gerindra, PPP dan Partai Hanura. Kemudian, pasangan Lukman Abunawas dan La Ode Ida yang diusung PKB, PDIP, Partai Demokrat, Partai Perindo, Partai Buruh, dan Partai Garuda.

Selanjutnya, pasangan Tina Nur Alam dan La Ode Muhammad Iksan Taufik Ridwan yang diusung Partai NasDem, Partai Golkar, PKS, PSI, dan Partai Ummat, serta pasangan Ruksamin dan Sjafei Kahar yang didukung PBB dan Partai Gelora.
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024