Kendari (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari menyerahkan hasil tes pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari.

Direktur RSUD Kota Kendari dr Sukirman, di Kendari, Selasa, mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara yaitu KPU Kota Kendari karena sudah mempercayakan RSUD Kota Kendari dalam pemeriksaan tes kesehatan lima bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota periode 2024-2029.

"Jadi hari ini kami serahkan semua hasil tes kesehatan lima bakal pasangan calon ke KPU setelah melakukan rapat pleno dengan semua tim medis. Mulai dari hasil tes kesehatan jasmani dan rohani dari 30-31 Agustus dan psikotes pada 1 September 2024," katanya.

Iya menjelaskan bahwa dalam pemeriksaan tes kesehatan bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Kendari 2024 terdapat 13 item poliklinik spesialis serta psikotes.

"Pemeriksaannya yaitu mulai dari kesehatan jiwa dan psikologi. Yang jelasnya tes kesehatan diperiksa semua dari 13 item spesialis itu," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh, mengatakan sesuai dengan ketentuan di pedoman teknis nomor 1090 tahun 2024 bahwa hasil pemeriksaan tes kesehatan itu diserahkan sehari setelah proses pemeriksaan tes kesehatan dinyatakan selesai dilakukan oleh tim dokter.

"Jadi, ini merupakan salah satu syarat utama sesuai dengan PKPU nomor 8 2024 dan kemudian di ubah PKPU nomor 10 2024 pemeriksaan kesehatan ini menjadi salah satu tahapan dalam proses pencalonan," ujarnya.

Jumwal menyebutkan lima bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Kendari tahun 2024 yang telah menyelesaikan tes kesehatan di RSUD Kota Kendari, yaitu Siska Karina Imran dan Sudirman, Sitya Giona Nur Alam dan Subhan, Aksan Jaya Putra dan Andi Sulolipu, Yudhi Mahardika dan Nirna Lachmuddin, serta Abdul Razak dan Afdhal.

"Jadi hasil tes kesehatan para bakal pasangan calon ini, nantinya menjadi syarat dasar penentuan penetapan pasangan calon," ucapnya.

Diketahui, KPU Kota Kendari akan menetapkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Kendari pada tanggal 22 September 2024.

 

Pewarta : Azis Senong/Andika
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024