Kendari (ANTARA) - Sebanyak empat pasangan bakal pasangan calon (Bacalon) wali kota dan wakil wali kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara, resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah itu pada hari pertama pendaftaran, Selasa.

Pantauan Antara, Paslon yang pertama mendaftar yakni La Ode Mustari-Zahari diusung partai Golkar, Partai Demokrat dan PBB. Kedua menyusul Yulia Umar Samiun-Muhammad Ridwan melalui jalur perseorangan.

Kemudian, ketiga  La Ode Ahmad Monianse dan Ida Fitri Halili yang diusung PDIP, lalu disusul pasangan Yusran Fahim dan Wa Ode Hamsina Bolu yang diusung PPP, NasDem, dan PKS.

"Alhamdulillah hari ini yang mendaftarkan diri sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Baubau tahun 2024 sudah empat pasang calon," kata Ketua KPU Baubau, La Ode Supardi.

Ia mengatakan, satu paslon juga telah mengonfirmasi untuk pendaftaran yakni Nur Ari Raharja dan La Ode Yasin pada hari kedua Rabu (28/8).

Di hari pertama pendaftaran calon kepala daerah, kata Supardi, tidak ada kendala yang berarti, hanya aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) agak lambat loading karena proses serupa berlangsung di semua daerah.

“Sementara sistemnya terpusat di KPU RI, sehingga tentu lambat loadingnya sesuatu hal yang wajar. Tetapi, Alhamdulillah semua yang datang ini telah menyampaikan dokumen kelengkapan syarat calonnya lengkap,” ujarnya.

Hari pertama pendaftaran calon Pilkada di hari pertama  terpantau berjalan aman dan tertib dengan pengawalan dari pihak kepolisian.

Masing-masing paslon yang datang mendaftarkan diri ke KPU Baubau diantar para pendukung dan simpatisan.

Saat pendaftaran, masing-masing paslon diantar simpatisan dan pendukung serta partai pengusungnya.

Pewarta : Azis Senong/Yusran
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024