Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kolaka, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral Operasi Mantap Praja Anoa 2024 untuk mengantisipasi segala potensi ancaman sejak dini di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Kepala Polres Kolaka AKBP Moh Yosa Hadi di Kolaka Selasa, mengatakan bahwa rakor lintas sektoral tersebut bertujuan untuk membangun sinergi, komunikasi, dan kolaborasi yang kuat antara berbagai instansi yang ada di Kabupaten Kolaka.

"Hal ini dilakukan guna mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada di wilayah Kabupaten Kolaka," kata Moh. Yosa.

Dia menyebutkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mengidentifikasi dan mengantisipasi segala bentuk ancaman sejak dini agar tidak menjadi gangguan nyata yang dapat menghambat jalannya pesta demokrasi pada November 2024 mendatang.

"Salah satu potensi ancaman yang diidentifikasi adalah polarisasai di masyarakat akibat perbedaan kepentingan dalam Pilkada. Kondisi ini perlu diantisipasi dengan baik agar tidak menimbulkan perpecahan dan konflik," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa sinergi dan siliditas antar-berbagai pihak menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Penyelenggaraan Pilkada. Sebab, pesta demokrasi tersebut merupakan momen penting bagi Kabupaten Kolaka ke depannya.

"Kami berharap Pilkada berjalan secara demokratis dan berkualitas, yang hanya dapat terwujud jika seluruh pihak terkait, baik penyelenggara, peserta, maupun masyarakat menjunjung tinggi hukum dan etika politik serta berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku," sebut Moh. Yosa.

Senada dengan itu,, Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Muh Fadlannsyah mengatakan bahwa rapat tersebut bertujuan untuk menyatukan Langkah seluruh pihak terkait dalam menjaga kambtibmas selama proses Penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024 di wilayah Kabupaten Kolaka.

Ia menyampaikan bahwa pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa mewujudkan Pilkada damai, sejuk, dan penuh kebahagiaan menjadi bukti bagi dunia bahwa demokrasi kita berjalan dengan baik dan matang.

"Mari kita jadikan pesta demokrasi ini sebagai momentum untuk mempererat tali silaturahmi dan Bersama-sama membangun Kabupaten Kolaka yang kita cintai," tambah Muh Fadlansyah.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024