Kendari (ANTARA) - Ribuan peserta menggunakan pakaian pahlawan dan busana adat ikut meramaikan karnaval budaya yang digelar di Kabupaten Kolaka Utara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara Sukanto Toding, Jumat, mengatakan karnaval budaya tersebut melibatkan berbagai lapisan masyarakat mulai dari tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, hingga sekolah TK, SD, SMP, dan berbagai paguyuban yang ada di kabupaten itu. 

"Karnaval dimulai dengan pawai untuk OPD dan paguyuban yang berawal dari Bundaran Suawindu dan berakhir di Taman Literasi. Sementara itu pawai tingkat sekolah dimulai dari Tugu Kelapa dan berakhir di lokasi yang sama, Taman Literasi," kata Sukanto Toding.

Dia menyebutkan karnaval budaya tersebut bukan hanya sekedar perayaan biasa, namun menjadi simbol kebersamaan dan rasa cinta kepada Tanah Air. Melalui kegiatan ini, pihaknya ingin menanamkan semangat nasionalisme dan memperkuat persatuan di tengah masyarakat.

"Saya sangat bangga melihat antusiasme yang luar biasa dari seluruh peserta, dari anak-anak hingga orang dewasa, yang turut merayakan HUT ke-79 RI dengan penuh semangat," ujarnya.

Dia mengungkapkan para peserta karnaval yang menggunakan pakaian pahlawan dan busana adat, sembari membawa atribut Merah Putih. Dengan semangat kebangsaan yang tinggi, para peserta bernyanyi dan meneriakkan yel-yel kebangsaan sepanjang perjalanan, menambah kemeriahan acara tersebut.

"Karnaval budaya ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam perayaan HUT ke-79 RI, yang tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga momen kebersamaan dan cinta Tanah Air yang membakar semangat nasionalisme di Kolaka Utara," kata Sukanto Toding.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024