Kendari (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Baubau, Sulawesi Tenggara, mengimbau seluruh operator kapal, nakhoda dan perwira kapal untuk melaksanakan giat membunyikan suling kapal secara serentak dalam rangka memperingati hari pelaut sedunia.

Pelaksana Harian (Ph) Kepala KSOP Kelas II Baubau, Hasbi Hasyim, di Baubau, Selasa, mengatakan, aksi membunyikan suling kapal tersebut telah disampaikan pihaknya sebagaimana surat edaran Dirkapel Kemanhub No SE-DK2/2024 tentang peringatan Hari Pelaut Sedunia.

"Jadi langkah-langkah yang telah kita ambil adalah meneruskan surat edaran ini kepada perusahaan angkutan laut, pemilik atau operator kapal penumpang ke nakhoda maupun perwira kapal untuk aktif memperingati hari pelaut sedunia dengan membunyikan suling secara serentak dan bersamaan pada jam 11.00 Wita hari ini," ujarnya.

Hasbi yang juga Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Perjagaan dan Patroli KSOP Kelas II Baubau mengatakan, peringatan hari pelaut sedunia diperingati pada 25 Juni 2024.
 
Secara nasional, kata dia, aksi peringatan hari pelaut sedunia dengan membunyikan suling itu terbagi tiga zona waktu yakni zona Indonesia barat pukul 10.00 WIB, pukul 11.00 WITA, dan zona timur jam 12.00 WIT.  

"Ini sebagai bentuk partisipasi apalagi kita kan pemerintah daerah Indonesia sebagai poros maritim dunia, jadi betul-betul kepedulian eksistensi pelaut-pelaut kita sangat harapkan," 
 
Untuk KSOP Baubau sendiri, kata Hasbi, pembunyian suling seluruh kapal berlaku di semua KSOP Baubau termasuk kapal-kapal yang ada di terminal-terminal khusus (Tersus) seperti di TBBM Pertamina. 

"Kegiatan ini itu juga kami meminta juga seluruh kapal untuk mendokumentasikannya kemudian dikirimkan ke kita dan kami akan mengirimkan ke kantor pusat," ujarnya.

Pewarta : Azis Senong/Yusran
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024