Kendari (ANTARA) - Mantan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara periode 2019-2024 Lukman Abunawas menyatakan akan maju sebagai calon Gubernur Sultra periode 2024-2029.

"Saya Lukman Abunawas sudah bertekad maju sebagai calon gubernur.  Saya kan pernah menjadi wakil, masa saya mau jadi wakil gubernur lagi tidak mungkin kan," kata Lukman Abunawas di sela buka puasa bersama dengan sejumlah media dan masyarakat Sultra yang di pandu presenter Azis Darise, di salah satu cafe di Kota Kendari, Sabtu.

Mantan Sekda Provinsi  Sultra dan Bupati Konawe dua periode itu menyampaikan, untuk menjadi 02 dirinya akan meminang calon dari wilayah kepulauan, yakni Muna dan Buton. 

"Soal nama yang akan saya pilih  nanti akan diumumkan pada akhir bulan Juli 2024," ujarnya.

Keseriusannya untuk maju sebagai 01 Sultra itu setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang dipimpin memperoleh suara terbesar pada Pemilu Legislatif 14 Februari 2024 lalu.

Ia menyebutkan bahwa perolehan suara pada Pemilu 2024 ini berhasil merebut 71 kursi DPRD dan enam kabupaten menduduki sebagai Ketua DPRD dan ada lima kabupaten sebagai Wakil Ketua DPRD termasuk DPRD Provinsi sebagai wakil ketua I.

"Karena kursi DPRD Provinsi hanya meraih 6 dari 45 kursi, maka PDIP harus mencari minimal 3 kursi lagi untuk meloloskan dirinya sebagai calon gubernur," ujarnya.

Saat ditanya wartawan laki-laki atau perempuan yang akan mendampingi sebagai 02, Lukman Abunawas mengatakan laki perempuan sama saja yang penting komitmen kerjasama dan saling mendukung.

Bahkan program yang nantinya ditawarkan bila dirinya lolos sebagai calon gubernur yakni Sultra Sehat, Sultra Cerdas, Sultra Peduli Kemiskinan, Sultra Berbudaya, Beriman dan Sultra yang produktif.

"Jadi intinya seperti itu, masyarakat Sultra harus lebih baik dan sejahtera karena kita memiliki semua sumber kekayaan alam yang besar baik sektor pertanian dalam arti luas,  pertambangan, maupun kelautan yang bisa kita kelola dan dimanfaatkan sebesar besarnya untuk kepentingan rakyat," tuturnya.

 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024