Kendari (ANTARA) - Sekda Sultra, Asrun Lio mewakili Pj gubernur saat membacakan sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, sekaligus menjadi inspektur upacara dalam peringatan HUT ke 52 Tahun Badan search dan rescue Nasional (Basarnas), di Basarnas Kendari, Rabu.
 
Dalam kesempatan itu, Sekda Sultra mengungkapkan penghargaannya terhadap keberadaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), yang terus konsisten menunjukkan eksistensinya selama ini.

"Tanggal 28 Februari merupakan hari yang istimewa  bagi  kita  semua, keluarga besar Basarnas pada  khususnya  dan insan SAR di seluruh Indonesia pada umumnya.  Karena pada tanggal itu, Basarnas yang  identik  dengan korps baju orange ini  lahir. Hingga saat ini, setelah setengah abad    lebih, Basarnas sebagai lembaga   pemerintah konsisten menunjukkan        eksistensinya menyelenggarakan urusan     pemerintah di bidang pencarian dan pertolongan atau search and rescue," ucap Sekda dalam sambutannya.

Dia melanjutkan, Basarnas genap berusia     52 tahun pada Tahun 2024. Dalam perjalanannya, Basarnas telah mengalami  berbagai peristiwa. Suka  dan  duka.  Dinamika  yang  terjadi selama    itu    menjadi    dasar   untuk    memperkokoh fondasi     Basarnas    dalam    mengampu   tugas   dan tanggung    jawabnya,     yaitu     mencari,    menolong, menyelamatkan, dan mengevakuasi korban pada saat terjadi  keadaan  darurat, baik  kecelakaan pesawat, kecelakaan     kapal,    bencana    pada    fase   tanggap
darurat, dan kondisi membahayakan manusia.

"Tema ulang tahun kali ini adalah "quick action, satu jiwa satu rasa".  Tema ini merepresentasikan  kecepatan kita         dalam memberikan     pelayanan    SAR kepada   masyarakat selama   ini.    Semakin   cepat,  maka  semakin    besar kemungkinan menyelamatkan korban. Kecepatan itu      dilandasi      dengan    semangat    pengabdian, keteguhan  dan  ketulusan hati,  serta kebersamaan yang solid. Itulah ciri khas insan SAR dalam bekerja. Semua menyadari bahwa tugas SAR memiliki  dimensi moral yang tinggi. Misi  kemanusiaan yang mulia.

Karenanya,  masih dia, SAR terus menunjukan sikap siap  bekerja  keras, bekerja  cerdas,  bekerja ikhlas,  dan bekerja tuntas dalam   penyelenggaraan   operasi  Sar. 

"SAR selalu memberikan pelayanan yang optimal  kepada masyarakat, dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun yang membutuhkan, yang bekerja profesional dengan berbasis kompetensi. Cepat, tepat,  dan terukur.  Ingat,  pekerjaan  sar memiliki Resiko   tinggi.   Karena  itu,   safety  first  dan  zero Accident    menjadi     hal     krusial     yang  mutlak diterapkan dalam tugas," ucapnya.

Sekda Sultra ini mengakui, jika reputasi basarnas selama ini sangat membanggakan.  Basarnas begitu dicintai masyarakat.  Reputasi itu  harus  dijaga  dan  pertahankan  dengan etos kerja secara komprehensif.

  Suasana peringatan HUT ke 52 tahun Badan search dan rescue Nasional (Basarnas), di kantor Basarnas Kendari, Rabu. (Antara/HO-Humas Basarnas Kendari)

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur melalui Sekda Sultra menyampaikan 5 poin untuk dipedomani dalam bekerja. Pertama,   tingkatkan iman   dan   taqwa kepada  tuhan  yang  maha  esa, selalu  berdoa  dalam melaksanakan  tugas dengan tulus, ikhlas, dan loyal.

Kedua, pegang teguh panca prasetya korpri  dan janji rescuer dalam pelaksanaan tugas. Ketiga,  wujudkan  profesionalisme sebagai asn berakhlak, yaitu  berorientasi pada pelayanan, akuntabel,       harmonis,       loyal,       adaptif,     dan Kolaboratif, yang     berpedoman     pada    standard Operating procedure 

Keempat,   wujudkan sinergitas  dan jaga kekompakan  dengan seluruh potensi SAR dimanapun bertugas  dengan mengedepankan  dan menjaga kepercayaan rakyat. Dan  kelima,  terus  berinovasi  dan kembangkan

"Kreativitas dengan proaktif mengikuti dan beradaptasi terhadap perkembangan  ilmu pengetahuan  dan teknologi. Saya berharap,   dengan   kecepatan,  kapabilitas, dan standart  operating  procedure (SOP) di segala aspek, Basarnas   ke depan  dapat  lebih  baik dan lebih  baik lagi," katanya lagi.

"Selamat ulang tahun ke-52 Basarnas, quick action, satu jiwa satu rasa," tutupnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024