Kendari (ANTARA) - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dalam perolehan suara Pilpres 2024 di sejumlah tempat pemungutan suara Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Hasil pantauan ANTARA di sejumlah TPS di Kota Kendari, Rabu sore, menyebutkan di TPS 01 Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga, pasangan Prabowo-Gibran meraih 138 suara, mengungguli pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang meraih 75 suara dan pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md memperoleh 14 suara.

Begitu juga di TPS 10 pada kelurahan yang sama, Prabowo-Gibran mendapatkan 145 suara, Anies-Muhaimin 43 suara dan Ganjar-Mahfud meraih 5 suara.

Keunggulan pasangan calon yang didukung partai politik Koalisi Indonesia Maju itu juga terjadi di TPS 01 Kelurahan Bonggoeya, Kecamatan Wua-Wua, Kota Kendari. Di TPS ini, Prabowo-Gibran meraih 118 suara, jauh di atas pasangan Anies-Muhaimin dengan perolehan 34 suara dan Ganjar-Mahfud 14 suara.

Kemudian di TPS 15 Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia, Prabowo-Gibran juga unggul dengan dukungan 75 suara, Anies-Muhaimin 48 suara dan Ganjar-Mahfud meraih 5 suara.

Selanjutnya di TPS 21 kelurahan yang sama, pasangan calon nomor urut 2 menang telak dengan meraih 210 suara, sementara Anies-Muhaimin mengumpulkan 86 suara dan Ganjar-Mahfud meraih 24 suara.

"Ada surat suara tidak sah karena mencoblos dua kali dan ada sebagian mencoblos di luar kertas suara sehingga saksi bersama petugas KPPS menyatakan suara itu tidak sah," ujar Ilham, salah seorang saksi dari PKS.

Sementara dari TPS 38 Kelurahan Mandonga, Kota Kendari, dilaporkan pasangan Prabowo-Gibran berada di posisi teratas dengan memperoleh 81 suara, disusul Anies-Muhaimin dengan 54 suara dan Ganjar-Mahfud hanya mendapat 15 suara.

Kemenangan telak juga dicatat pasangan Prabowo-Gibran di TPS 15 kelurahan yang sama. Mereka meraih dukungan terbanyak dari pemilih dengan memperoleh 117 suara, sementara Anies-Muhaimin mendulang 58 suara dan Ganjar-Mahfud hanya dapat 8 suara.

Hingga berita ini diturunkan, sebagian besar TPS di Kota Kendari baru menyelesaikan penghitungan surat suara untuk pilpres, sedangkan penghitungan surat suara pemilihan anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kota masih berlangsung.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024