Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara menuntaskan packing kebutuhan logistik Pemilu tahun 2024 dan sudah dimasukkan ke dalam kotak suara sehingga mempermudah melakukan distribusi ke TPS.

Sekretaris KPU Kolaka,Idham Hindardi yang di Kolaka, Selasa, mengatakan sebanyak 3.525 kotak sudah terisi semua kebutuhan kelengkapan logistik Pemilu yang akan di gunakan nanti di tempat pemungutan suara.

Pihaknya, kata dia saat ini fokus pada isi logistik yang ada di luar kotak suara seperti daftar pasangan calon,daftar calon tetap,ATK serta fliyer informasi mengenai Pemilu dan tata cara pemungutan suara serta salinan DPTb.

"Ini semua yang ada tidak termasuk dalam kotak suara yang di isi logistik Pemilu," katanya.

Idham juga menjelaskan distribusi kotak suara akan dilakukan pihaknya pada H-4 yaitu pada tanggal 10 Februari 2024 yang fokus pada daerah pemilihan tiga yakni Kecamatan Tanggetada, Polinggona, Watubangga dan Toari.

Menurutnya,  daerah pemilihan tiga ini menjadi salah satu fokus distribusi awal logistik karena ada dua TPS di desa Matausu yang di lalui kendaraan roda empat harus melintasi sungai karena tidak memiliki jembatan penghubung serta kondisi jalan yang memprihatinkan.

" Kita juga harus melihat kondisi sungai kalau memang tidak banjir dan arus tenang maka bisa di lalui kendaraan," ungkap Idham.

Begitu juga di daerah pemilihan empat meliputi Kecamatan Wolo,Samaturu dan Iwoimendaa lanjutnya ada juga beberapa TPS di desa Lakuya yang harus melintasi sungai meskipun ada alternatif jalan darat namun sangat riskan dan di butuhkan kendaraan roda empat yang mempunyai kekuatan lebih.

Namun lanjut dia untuk distribusi logistik di wilayah daerah pemilihan satu dan dua tidak mengalami kendala dalam distribusi karena wilayahnya sangat berdekatan dengan kota sehingga memudahkan pendistribusian logistik.

" Alhamdulillah semua kesiapan logistik sudah selesai tinggal menunggu distribusi," jelas Idham Hindardi.

Pewarta : Azis Senong/Darwis Sarkani
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024