Kendari (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengajak Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) untuk bersama – sama dan bersinergi mendukung guna mewujudkan Pemilu 2024 aman dan damai.

Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Sultra Kombes Pol.Antonius Danang, di Kendari, Rabu, mengatakan tugas utama kepolisian adalah menjaga keamanan masyarakat dan lingkungan terutama di tahun politik seperti saat ini yang tentunya juga membutuhkan satpam dalam melakukan tugas tersebut dalam lingkup kerjanya masing – masing.

“Seperti tema HUT Satpam kali ini adalah satpam tangguh mendukung pemilu aman dan damai maka sudah sewajarnya satpam mampu menjaga ketertiban dan keamanan dalam ruang lingkup kerjanya masing – masing yang tidak bisa dijangkau oleh pihak kepolisian,” kata Antonius Danang.

Menurutnya pada situasi tahun politik seperti saat ini sangat memungkinkan terjadinya kejahatan atau pelanggaran – pelanggaran yang bisa memecah belah kerukunan bermasyarakat dan pada saat bersamaan kepolisian juga memiliki keterbatasan ruang lingkup maka yang diharapkan satpam bisa hadir mengisi ruang tersebut melaksanakan tugas kepolisian dalam ruang lingkup terbatas.

“Salah satu contoh dukungan satpam kepada kepolisian adalah Ketika misalnya di ruang lingkup kerjanya terdapat TPS maka satpam diharapkan bisa membantu mengamankan,” katanya.

Selain itu, ia menghimbau agar satpam lebih meningkatkan lagi kewaspadaan dalam melakukan pengamanan serta tidak mudah terprovokasi dengan situasi dan keadaan politik saat ini sehingga pada akhirnya satpam tetap dapat melakukan pekerjaan secara maksimal.

Terlebih lagi, menurutnya dalam upaya membuat profesi satpam agar mampu menjadi makin profesional di bidangnya dengan melaksanakan semaksimal mungkin tugas pokok dan fungsi sebagai satpam demi meyakinkan pengguna jasa bahwa satpam layak dipercaya dalam melakukan pengamanan.

Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024