Kendari, Sultra (ANTARA) - Sebanyak dua unit kapal penyeberangan disiapkan di Pelabuhan Nusantara, Kendari, Sultra, untuk mengangkut arus balik masyarakat pasca-libur Tahun Baru 2024.

Kepala Pos Pelabuhan Nusantara Kendari Rudy saat ditemui di Kendari, Sultra, Selasa, mengatakan beberapa hal telah dipersiapkan untuk menghadapi arus balik di Pelabuhan Nusantara Kendari, yang salah satunya menyiapkan dua unit kapal penyeberangan dengan rute Kendari-Raha-Baubau.

"Kapal stay (siap di Pelabuhan Nusantara Kendari) ada dua, yaitu kapal Pricilia 88 dan kapal Bahari 9B. Kita siapkan karena kita tidak tahu siapa tahu besok atau lusa terjadinya lonjakan penumpang arus balik," katanya.

Dia menyebutkan bahwa persiapan dua kapal tersebut dikarenakan pada saat menjelang akhir 2023, terjadi kepadatan penumpang dari Baubau dan Raha di Pelabuhan Nusantara Kendari.

"Memang betul sebelum tutup tahun itu penumpang tiba dari Raha dan Baubau tiba di Kendari lebih banyak daripada penumpang yang pergi," ujarnya.

Namun, kata Rudy, lonjakan penumpang tersebut masih dalam kapasitas normal dan tidak melebihi muatan kapal, seperti yang telah ditentukan.

"Pada saat akhir tahun ada lonjakan penumpang dari Raha menuju Kendari, tapi tidak signifikan, tidak seperti Lebaran dan tidak setiap kapal yang penumpangnya banyak, kadang kapal tiba siang atau kadang juga sore, lonjakan itu paling hanya sekitar 15 sampai 20 persen dari hari normal biasanya berbeda dengan hari libur Lebaran," jelasnya.

Meski begitu, dia menyampaikan bahwa hingga saat ini penumpang di Pelabuhan Nusantara Kendari masih terlihat normal dan belum ada lonjakan penumpang.

"Kami yakin dua kapal tersebut bisa melayani arus balik masyarakat karena saya lihat kapasitasnya ini lumayan besar besar," tambah Rudy.


Pewarta : La Ode Muh Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024