Kendari (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Kendari mengatakan jumlah kecelakaan kapal yang terjadi selama tahun 2023 di wilayah kerja KPP Basarnas Kendari mencapai 43 kejadian.

“Data kecelakaan di tahun 2023 ini didominasi oleh kecelakaan kapal dengan total 43 kasus,” kata Kepala KPP Basarnas Kendari, Muh Arafah, saat menyampaikan rilis di atas kapal KM Pacitan, di Kendari, Sabtu.

Arafah menjelaskan kecelakaan kapal yang terjadi di tahun 2023 ini dominan terjadi di Kepulauan Buton dengan total sebanyak 19 kasus.

“Dari 43 kasus yang tercatat, 19 diantaranya terjadi di Kepulauan Buton,” ungkapnya.

Selain dominan, kasus kecelakaan kapal yang terjadi juga mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan tahun 2022 yang hanya berjumlah 38 kasus.

Dia mengatakan untuk jumlah korban jiwa sendiri berjumlah 1.150 orang yang terdiri dari 1.103 orang selamat, 35 orang meninggal dan 12 orang di nyatakan hilang.

Ia menambahkan,  jumlah kecelakaan secara umum di tahun 2023 tidak mengalami kenaikan ataupun penurunan dari tahun sebelumnya.

“Untuk kasus kecelakaan secara umum sendiri di tahun ini jumlahnya sama dengan tahun sebelumnya” tambahnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: SAR Kendari sebut terjadi 43 kecelakaan kapal sepanjang tahun 2023

Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024