Laworo, Muna Barat (ANTARA) - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Atap Sawerigadi menerima sertifikat kandidat sekolah referensi Google atau Candidate of Google Reference School yang diserahkan Pemda Muna Barat.

Pejabat (Pj) Bupati Muna Barat Bahri, dalam keterangan yang diterima di Kendari, Rabu menerangkan SMP Negeri 1 Atap Sawerigadi telah masuk nominasi kandiat sekolah referensi oleh Google.

"SMPN 1 Atap Sawerigadi berada di urutan ke-7 se-Indonesia sehingga mendapat sertifikat Candidate of Google Reference School." kata Bahri

Untuk mendukung prestasi tersebut, Pemda Muna Barat meminta kepada pihak sekolah untuk segera membuat proposal anggaran kebutuhan sekolahnya.

"Silahkan usulkan, apa yang menjadi kebutuhan sekolah pemda akan buat kebijakannya". kata Bahri

Selain menyerahkan sertifikat kandidat sekolah rujukan Google, Pj Bupati Muna Barat juga memberikan selamat kepada salah satu guru SMPN 1 Atap Sawerigadi, Yazid Husain, yang berhasil menjadi Duta Teknologi Kemendikbudristek Sulawesi Tenggara 2023.

Ditempat terpisah, Ketua Persatuan Guru Indonesia (PGRI) Muna Barat Al Rahman mengaku program pemerintah daerah sejalan dengan pembelajaran berbasis digital di sekolah.

"Kita akan terus mendukung prestasi SMP Negeri 1 Atap Sawerigadi, baik dari PGRI maupun saya sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muna Barat," ujarnya.

Al Rahman mengaku, dunia pendidikan saat ini telah berubah melalui program merdeka belajar. Pendidikan yang beradaptasi dengan kebutuhan belajar peserta didik.

"Sebagai Ketua PGRI, saya terus mendorong guru-guru melakukan inovasi dan perubahan nyata di dunia pendidikan kita. Guru sudah harus beradaptasi dengan digitalisasi dalam proses pembelajaran," katanya 

Seiring sejalan dengan hal itu, Pemda Muna Barat juga telah merancang program agar tidak ada lagi blank spot di Muna Barat dan semua wilayah sudah bisa diakses jaringan internet.

"Jadi, kita sudah usulkan pembangunan kabel FO (fiber optik) di Muna Barat untuk mendukung akses jaringan di daerah kita m, utamanya di sekolah-sekolah, kantor pemerintahan dan balai desa," katanya.

 

Pewarta : M Sharif Santiago
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024