Kendari (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan atau KSOP Kelas II Kendari memberi dukungan dengan menggratiskan kapal untuk sebanyak 205 mahasiswa kader Himpinan Mahasiswa Islam (HMI) asal Sultra dari Kota Kendari-Kota Baubau untuk mengikuti Kongres ke-32 HMI di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Kelas II Kendari Capten Kurniawan Agung di Kendari, Rabu, mengatakan bahwa keberangkatan sebanyak 205 kader HMI asal Sultra tersebut mendapatkan dukungan penuh dari KSOP Kelas II Kendari sebagai bentuk kontribusi terhadap generasi muda penerus bangsa.

"Adik-adik dari HMI ini adalah generasi bangsa kita, jadi sudah sewajarnya kita membantu mereka untuk keberangkatan dalam mengikuti kongres ke-32 HMI di Pontianak," kata Agung.

Dia menyebutkan bahwa sebelum pemberangkatan kader HMI tersebut, pihak KSOP telah mengantisipasi hal tersebut dengan berkoordinasi bersama stakeholder dari Pelindo dan bandar-bandar kapal untuk mengkoordinir mahasiswa tersebut.

Dia menyampaikan dukungan dari KSOP kelas II Kendari tersebut juga menujukan bahwa keberangkatan 205 mahasiswa kader HMI tersebut menjadi salah satu contoh kolaborasi positif antara instansi pemerintah dan organisasi mahasiswa untuk mendukung kegiatan keorganisasian dan pembangunan generasi muda penerus bangsa.

 "Kami harap ini dapat menjadi contoh untuk yang lain. Kami juga mengimbau agar tetap menjaga ketertiban di atas kapal, mengutamakan keselamatan, dan semoga sampai di tujuan dengan selamat," jelas Agung.

Sementara itu, Ketua HMI Cabang Kendari Sapril menyampaikan apresiasi atas sinergi yang terbangun antara HMI dan KSOP Kelas II Kendari.

"Kami berterima kasih kepada pimpinan di KSOP yang telah menyambut baik dan memfasilitasi keberangkatan kami di pelabuhan Bau-bau," ucap Sapril..

Sapril menyebutkan bahwa rombongan HMI diperkirakan tiba di Balikpapan pada tanggal 24 November 2023 setelah transit di Makassar dan Pare-pare.  

"Saya berharap agar seluruh anggota rombongan dapat menjaga ketertiban dan keamanan selama perjalanan," tambahnya.

 
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024