Kendari (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara melalui Biro SDM Polda Sultra, melakukan seleksi Assesment Center untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) pada dua kabupaten yakni Buton Tengah (Buteng) dan Kabupaten Muna Barat (Mubar).

Seleksi Assesment secara resmi dibuka Karo SDM Polda Sultra Kombes Pol Danang Beny dan dihadiri Kabagkompeten SSDM Polri, Kombes Pol Eka Satria Bakti, serta Assessor dari Mabes Polri  berlangsung di Aula Polda Sultra, Selasa.

Hadir pada acara itu, Pj Bupati Buteng Tengah Andi Muhammad Yusuf dan Pj Bupati Muna Barat, Bahri sebagai bentuk dukungan terhadap seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama.

Menurut Kombes Pol Danang Beny, Assessment Center merupakan metode penilaian standar yang bertujuan untuk menilai dan mengukur potensi calon pejabat serta memprediksi keberhasilan mereka dalam mengemban suatu jabatan. Metode ini melibatkan simulasi dan alat ukur berdasarkan kompetensi jabatan yang dilakukan oleh para assessor.

"Melalui pelaksanaan Assessment Center ini, diharapkan dapat menghasilkan pejabat tinggi pratama yang mampu melaksanakan tugas di satuan kerja dengan lebih baik, bertanggung jawab, optimal, dan profesional," ungkapnya. Polda Sulawesi Tenggara melalui Biro SDM, melakukan seleksi Assesment Center untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) pada dua kabupaten yakni Buton Tengah (Buteng) dan Kabupaten Muna Barat (Mubar) di Aula Polda Sultra, Selasa. (Foto Antara/HO-Humas Polda Sultra)

Assessment Center Polri sendiri membawa konsep penilaian yang terfokus pada kemampuan manajerial dan keberhasilan dalam menangani serta memberikan solusi pemecahan masalah. Tujuan akhirnya adalah memenuhi harapan Pemerintah Kabupaten Buton Tengah dan Muna Barat untuk memiliki pejabat yang kompeten dan berintegritas tinggi.

Kombes Pol Danang Beny menyampaikan terima kasih kepada Bupati Buton Tengah dan Bupati Muna Barat beserta jajaran yang telah menggelar seleksi terbuka menggunakan fasilitas Assessment Center Polri di Polda Sultra. Ia yakin bahwa kegiatan ini akan berjalan independen dan menghasilkan pejabat yang memenuhi kriteria yang diharapkan.

Seiring berjalannya waktu, harapan masyarakat Buton Tengah dan Muna Barat kini tertuju pada hasil seleksi ini, yang diharapkan akan melahirkan pemimpin berkualitas dan mampu membawa kemajuan di tingkat pemerintahan Kabupaten.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024