Kolaka (ANTARA) -
Bupati Kolaka Ahmad Safei meresmikan penggunaan gedung balai wartawan di akhir masa jabatan sebagai orang nomor satu di bumi Mekongga.

Bupati yang di dampingi Wakil Bupati serta Asisten dan kepala organisasi perangkat daerah, Rabu, minta gedung balai wartawan dapat dimanfaatkan dengan baik utamanya yang melaksanakan tugas jurnalistik di wilayah Kolaka serta menjaga kebersihan karena gedung ini berada tepat di tengah kota.

'' Saya meminta kantornya harus rapih. Balai wartawan ini harus dijaga dengan baik, apalagi lokasi tepat berada di tengah kota'' Katanya. 

Pembangunan gedung wartawan ini kata Safei harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik, mengingat peran pers sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat agar para investor bisa datang untuk membangun Kolaka.

" Peran ini sangat penting untuk menjaga kondusifitas daerah sehingga dunia usaha bisa ikut membangun Kolaka," ungkap Safei. 

Sementara Ketua PWI Kolaka Abdul Saban menyampaikan penghargaan serta ucapan terima kasih kepada Bupati, yang telah memberikan perhatian besar terhadap keberlanjutan pengembangan dunia kewartawanan di Kabupaten Kolaka.

Gedung Balai Wartawan kata dia akan difungsikan sebagai tempat berkumpulnya insan pers di Kabupaten Kolaka, utamanya dalam merumuskan ide dan gagasan untuk memajukan Bumi Mekongga.

''Bagi kami, gedung ini merupakan salah satu bukti komitmen pemerintah daerah dalam mendukung peningkatan kelembagaan pers di Kolaka yang telah berlangsung selama ini,'' katanya.

Dalam kesempatan itu, Saban juga menyampaikan bahwa, dari 11 konstituen Dewan Pers, hanya 3 organisasi wartawan yang berdomisili di Sultra, yakni PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), AJI (Aliansi Jurnalis Independen) dan IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) dan dalam waktu dekat SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) bakal segera terbentuk di Kabupaten Kolaka.
 
"Dua periode kepimpinan Ahmad Safei sebagai Bupati Kolaka, telah banyak berkontribusi terhadap usaha PWI dalam memajukan sumber daya manusia wartawan di Kolaka yakni berpartisipasi dalam pelatihan UKW," jelas Saban.

Ketua PWI Kolaka juga memberikan piagam penghargaan kepada Ahmad Safei sebagai Bupati Kolaka atas dedikasinya dalam pengembangan Sumber Daya Manusia khususnya di bidang pers di Kabupaten Kolaka.
 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024