Kendari (ANTARA) - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari mendistribusikan air bersih ke Kelurahan Anggalomelai, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara untuk membantu masyarakat yang membutuhkan air bersih akibat kemarau panjang.

Paspotmar Lanal Kendari Mayor Laut (T) Aan Saputra di Kendari, Selasa
mengatakan bahwa penyaluran air bersih tersebut merupakan arahan dari Komandan Lanal Kendari dalam rangka meringankan beban masyarakat yang terdampak kemarau panjang di Kota Kendari.

"Khususnya masyarakat yang betul-betul mengalami kekeringan di Kota Kendari, sehingga Komandan Lanal Kendari memerintahkan kepada kami untuk mendistribusikan air bersih," kata Aan.

Sementara itu, Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari mengatakan dalam penyaluran air bersih tersebut, pihaknya menyiapkan sebanyak 20 ribu liter untuk dibagi kepada seluruh masyarakat yang terdampak kekeringan akibat El Nino di wilayah Kelurahan Anggalomelai, Kecamatan Abeli, Kota Kendari. Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)


"Kemarin kami mendapat surat dari Kepala Desa Anggalomelai, Kecamatan Abeli bahwa di sana ada kurang lebih lima kelurahan yang terdampak El Nino ini, sehingga pada hari ini kita menurunkan tim untuk ke desa menyalurkan air bersih, yang rencananya adalah kurang lebih 20 ribu liter dibagi kepada seluruh warga yang terdampak kekeringan air bersih," jelasnya.

Dia berharap dengan penyaluran air bersih kepada masyarakat tersebut dapat membantu masyarakat agar bisa kembali menikmati air yang layak untuk digunakan sehari-hari dan bisa menjauhkan mereka dari berbagai penyakit akibat mengkonsumsi air yang tidak layak.

"Kurang lebih sekitar 130 kepala keluarga yang terdampak, sehingga pada hari ini mudah-mudahan selesai hari ini sampai dengan sore hari, sehingga mereka bisa menggunakan, memasak dengan menggunakan air yang layak dan terhindar dari berbagai macam penyakit," sebutnya.

Di tempat yang sama, Lurah Anggalomelai Ruslan yang mewakili masyarakat menyampaikan rasa terimakasih kepada Lanal Kendari beserta seluruh jajaran yang telah menyalurkan air bersih di wilayah tersebut.

"Karena kami tau persis bahwa kami sangat membutuhkan air-air ini, bahkan sumur bor yang ada di wilayah kami  sudah mengalami kekeringan, kami sekali lagi berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Danlanal Kendari bersama seluruh jajaran yang sudah berpartisipasi dalam rangka penyaluran air bersih di wilayah kami," tambahnya.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024