Kendari (ANTARA) - Tim SAR Gabungan berhasil menemukan kakek Lanudin (70), yang hilang di kebun sagu Desa Lameruru, Kecamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam keadaan selamat.

Kepala Basarnas Kendari Muhammad Arafah saat dihubungi di Kendari, Kamis, mengatakan korban ditemukan oleh Tim SAR Gabungan di antara Desa Lameruru dan Desa Amokuni atau sekitar 800 meter dari perkiraan lokasi terakhirnya pada Kamis (12/10) sekitar pukul 08.30 WITA.

"Ditemukan sekitar 800 meter dari lokasi terakhirnya," kata Arafah.

Dia mengungkapkan setelah ditemukan korban langsung dievakuasi dan diserahterimakan kepada pihak keluarga di Desa Lameruru.

Dengan ditemukannya korban tersebut dalam keadaan selamat, lanjut Arafah, operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup. "Serta seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," jelasnya.

Sebelumnya Tim Penyelamat Basarnas Kendari melakukan pencarian terhadap terhadap Lanudin yang hilang di kebun sagu Desa Lameruru.

Arafah mengatakan hilangnya korban pertama kali diinfomasikan oleh Firmansyah, yang merupakan keluarga korban, pada Rabu (11/10) sekitar pukul 21.25 WITA.

Berdasarkan laporan tersebut, pihaknya kemudian menurunkan Tim Penyelamat Basarnas Kendari ke lokasi yang disampaikan dan langsung bersama-sama Tim SAR Gabungan melakukan pencarian pada pukul 21.45 hingga pukul 23.30 WITA dengan hasil nihil.

Arafah menyebutkan bahwa pada Kamis (12/10) pihaknya kemudian kembali melakukan pencarian hari kedua terhadap kakek Lanudin dengan penyisiran kebun seluas 1,5 kilometer.

Baca juga: Basarnas cari kakek 70 tahun yang hilang di kebun Konawe Selatan
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024