Baubau, Sultra (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Baubau dan Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), menjalin kerja sama dalam mempermudah pelayanan pengurusan dan pembuatan paspor bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Pimpinan Kantor BNI Cabang Baubau Rahmat Ferdiansyah di Baubau, Senin, mengatakan pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan Kantor Imigrasi Baubau dalam mempermudah masyarakat untuk membuat paspor dengan mempercayakan BNI Cabang Baubau sebagai mitra.

"Alhamdulillah, kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Imigrasi Baubau dan jajaran karena mempercayakan BNI Baubau sebagai mitra untuk kerja sama dalam pelayanan eazy paspor kepada masyarakat," tutur Rahmat usai penandatanganan perjanjian kerja sama antara BNI Baubau dan Imigrasi Baubau dalam hal peningkatan pelayanan eazy passport di Kantor BNI Cabang Baubau, Senin.

Ia mengatakan bahwa program tersebut merupakan salah satu langkah yang sangat positif dari Imigrasi Baubau, yang menjemput bola dengan memberikan banyak pilihan bagi masyarakat dalam pembuatan paspor.

"Ini satu terobosan yang bagus sekali dari imigrasi, dan kami BNI sangat bangga bisa bekerja sama dengan Imigrasi, semoga masyarakat Baubau semakin mudah dalam membuat paspor di Baubau," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa dalam pengurusan paspor tersebut, pihaknya menyiapkan satu loket khusus di Kantor BNI Cabang Baubau untuk masyarakat yang mengurus pembuatan paspor, serta yang paling utama juga disediakan pembayaran non tunai melalui layanan QRIS atau BNI mobile bangking.
  Pimpinan Kantor BNI Cabang Baubau Rahmat Ferdiansyah (kiiri), Kepala Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Baubau Teguh Santoso (tengah), dan salah seorang warga yang melakukan pembayaran secara non tunai untuk pengurusan paspor di Kantor BNI Cabang Baubau, Senin (2/10/2023)  ANTARA/Yusran.
"Jadi ini mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran, tidak ada lagi pembayaran secara tunai ataupun melalui loket atau antre. Ini satu terobosan dari Imigrasi, sehingga mudah, cepat dan tepat. Dan BNI juga selalu men-support kantor Imigrasi Baubau," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Baubau Teguh Santoso mengatakan kerja sama tersebut bertujuan untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga untuk mempermudah pembayaran pengurusan secara non tunai.

"Alhamdulillah, hari ini kita disambut dengan baik oleh kepala cabang BNI Baubau dan disambut juga antusias masyarakat, terbukti tadi dengan adanya pelayanan eazy paspor langsung di loket BNI Cabang Baubau," ujarnya.

Teguh menyampaikan bahwa dengan adanya layanan tersebut, masyarakat yang telah bermohon pengurusan paspor tidak perlu lagi untuk antre ke bank, tetapi mereka bisa langsung ke loket yang telah disediakan oleh BNI Cabang Baubau.

"Harapannya, tentu ke depan kita semakin saling erat antara BNI dan Imigrasi. Dan masyarakat juga akan lebih antusias lagi bahwa Imigrasi dalam proses pelayanan untuk masyarakat tidak bertele-tele atau tidak sulit, dan biayanya juga sudah ada ketentuannya," ujarnya.
 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024