Kendari (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor(Kapolres) Kolaka, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) AKBP Yosa Hadi meminta kepada seluruh personel jajaran Polres Kolaka untuk menjunjung nilai-nilai Pancasila.

 "Intinya peringatan hari pancasila ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap perjuangan para pahlawan kusuma bangsa dalam membentengi dan mengawal Pancasila dimana kita ketahui Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang kita cintai," kata Kapolres Kolaka, AKBP Yoswa Hadi di sela peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kolaka, Minggu.

AKBP Yosa Hadi  mengatakan bahwa pelaksanaan apel tersebut dilakukan untuk memberikan penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah mendahului dalam membentengi dan mengawal Pancasila, yang merupakan ideologi Indonesia.

Dia juga meminta kepada seluruh personel jajaran Polres Kolaka untuk menjadikan hari peringatan Kesaktian Pancasila tersebut untuk menjadi ajang refleksi diri dengan memakai nilai-nilai yang terkandung di dalam sila Pancasila.

"Peringatan hari kesaktian pancasila yg diperingati 1 Oktober setiap tahunnya dapat dijadikan sebuah ajang refleksi diri memakai nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila itu sendiri," ungkapnya.

Yosa mengungkapkan bahwa dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila bias menjadi energi baru dalam menjaga dan mengawal keberagaman di Negara Indonesia untuk tumbuh menjadi negara yang maju adil dan makmur.

"Kemudian nilai-nilai itu kita jadikan sebagai energi baru dalam menjaga dan mengawal keberagaman di negara yang sama-sama kita cintai agar tumbuh menjadi negara yg maju adil Makmur tenteram dan damai," sebutnya.

Kapolres Kolaka itu juga menjelaskan bahwa sebagai anak bangsa, sudah sepatutnya untuk terus bersinergi dengan keberagaman dan kebinekaan yang ada di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah hukum Polres Kolaka.

"Semoga hal ini terus tercipta sehingga situasi Kamtibmas di Wilayah hukum Polres Kolaka aman terkendali dan kondusif," jelasnya.

Dia juga meminta kepada seluruh personel jajaran Polres Kolaka untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila untuk menjaga situasi yang kamtibmas.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024