Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara menyebutkan potensi hujan ringan dan sedang diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam pernyataan resmi di Kendari, Rabu, mengatakan, dua wilayah kabupaten yang diperkirakan ada hujan ringan itu hanya terjadi pada spot-spot tertentu saja.

"Jadi hanya beberapa wilayah kecamatan saja yang diperkirakan hujan, sementara kecamatan lainnya tetap cerah berawan seperti daerah lain di Sultra," ujaranya.

Ia menyebutkan, di Kabupaten Kolaka, hanya diperkirakan hujan pada wilayah Kecamatan Wundulako, Kolaka dan Baula. Begitu juga di Kabupaten Kolaka Timur terjadi di Kecamatan Tirawuta, Loea, Ladongoi, Poli-Polia dan Lalolae.

Secara umum, lanjut Faizal, dari seluruh wilayah kabupaten/kota di Sultra baik sore maupun hingga malam hari umumnya cerah berawan.

Suhu udara berkisar 23 - 33 derajat celcius dengan kelembaban udara antara 45 - 95 persen dengan angin bertiup dari Timur Laut - Tenggara per 2 - 30 kilometer per jam.

Di bagian lain, kata Faizal Habibie, BMKG juga memonitor jalur penyeberangan, terkait peringatan dini gelombang dan kawasan wisata bahari masih tergolong aman bagi masyarakat untuk beraktivitas.

Peringatan dini gelombang yang terjadi mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 20.00 Wita, gelombang sedang dengan ketinggian 1,25 meter hingga 2,5 meter terjadi pada beberapa wilayah perairan di Sultra maupun di luar wilayah tersebut.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024