Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota atau Polresta Kendari, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menurunkan sebanyak 50 personel untuk mengamankan kegiatan kenaikan Bendera Merah Putih dalam rangka Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 di dua titik di Kota Kendari, Provinsi Sultra.

Kepala Polresta Kendari Kombes Pol. Muhammad Eka Fathurrahman di Kendari Rabu, mengatakan bahwa dua titik yang menjadi lokasi Upacara Kemerdekaan RI tersebut, yakni di Kantor Wali Kota Kendari di Kecamatan Mandonga dan di Kantor Gubernur Sultra di Kecamatan Poasia.

"Kita akan mengamankan juga kegiatan-kegiatan itu (Upacara Kemerdekaan RI). Ada dua tempat, satu di Kantor Gubernur dan satu di Kantor Wali Kota, ada dua kegiatan yang besar itu upacaranya, karena dipusatkan di tempat tersebut. Kalau tingkat provinsi di Kantor Gubernur, kalau tingkat Pemkot (Pemerintah Kota) di Balaikota," kata Eka.

Selain upacara kenaikan bendera, lanjut Eka, sebanyak para personel Polresta Kendari itu juga akan turut mengamankan proses berjalannya penurunan Bendera Merah Putih di dua lokasi tersebut.

"Sama kegiatan yang saat nanti pada hari H upacara dan penurunannya (Bendera Merah Putih) itu," sebut Eka.

Dia membeberkan bahwa dalam pengamanan upacara bendera di Kantor Gubernur dan Kantor Wali Kota Kendari itu, pihaknya menurunkan sebanyak 50 personel. Sebab, pada saat yang bersamaan, para anggota Polri juga akan melaksanakan Upacara HUT Kemerdekaan RI.

"Jadi, kita melaksanakan pengaturan lalu lintas dengan anggota intel mengawasi kegiatan yang tertutupnya," ungkap Eka.

"Karena pasukan pasukan anggota Polri juga melaksanakan upacara juga," jelasnya.

Dia menyampaikan bahwa personel tersebut akan melaksanakan pengaturan lalu lintas dan mengawasi kegiatan tertutup pada saat perayaan HUT Kemerdekaan RI.


Ia mengungkapkan bahwa selain upacara bendera, pihaknya juga telah melakukan pengamanan terhadap berbagai kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI, seperti gerak jalan, pawai, pembentangan bendera sepanjang 17 kilometer, dan kegiatan-kegiatan masyarakat yang mengadakan perlombaan HUT RI di kelurahan dan desa yang ada di wilayah hukum Polresta Kendari.

"Kalau dari kemarin kan kita sudah laksanakan kegiatan-kegiatan pengamanan perayaan sebelum kenaikan bendera upacara besok," ujar Eka.
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024