Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota atau Polresta Kendari, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal mengerahkan sebanyak 150 personel untuk mengamankan pengibaran Bendera Merah Putih sepanjang 17 kilometer (Km) di Jembatan Teluk Kendari (JTK), Kota Kendari, Provinsi Sultra.

Kapolresta Kendari Kombes Pol. Muhammad Eka Fathurrahman di Kendari Rabu, mengatakan bahwa sebanyak 150 personel tersebut merupakan personel dari Polresta Kendari, Samapta, dan Satuan Brigade Mobile (Sat Brimob) Polda Sultra.

“Mengingat banyak yang membutuhkan personel jadi kita dari Polresta Kendari minta bantuan Samapta Polda Sultra ditambah dari Brimob diperkirakan sampai 150 personel,” kata Eka Fathurrahman.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya akan menyiagakan ratusan personel tersebut untuk menciptakan rasa aman kepada seluruh warga yang akan melakukan pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78.

"Khususnya untuk memastikan pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan RI terlaksana dengan baik," ujar Eka.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa personel yang turunkan itu untuk mengatur arus lalu lintas selama pengibaran bendera. Jika memungkinkan akan dilakukan rekayasa lalu lintas, hal itu tergantung dengan situasi dan kondisi kendaraan yang melintas saat pelaksanaan pengibaran bendera.

“Kita lihat situasi nanti, kalau memang sudah tidak memungkinkan kita lakukan pengalihan arus lalu lintas, rekayasa arus kita akan tutup sebagian khusus yang digunakan untuk membentangkan bendera itu,” jelas Eka.

Mantan Direktur Reserse Narkoba (Resnarkoba) Polda Sultra itu menyampaikan bahwa selain mengamankan pada saat pelaksanaan pengibaran bendera, pihaknya juga akan gencar melakukan patroli menjelang perayaan HUT Kemerdekaan RI di wilayah hukum Polresta Kendari

“Polresta melaksanakan pengamanan siang dan malam, kalau malam kami prioritaskan yang banyak kerawanan timbul kejahatan,” sebut Eka.

Ia menambahkan bahwa pihaknya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi dan keamanan di wilayah hukum Polresta Kendari tetap kondusif.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024