Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari menyebut cuaca wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Kamis, mulai pukul 08.00 Wita hingga siang hari, secara umum cerah berawan 

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam keterangan diterima di Kendari, Kamis, mengatakan sekitar pukul 08.30 Wita hingga siang beberapa kabupaten di Sultra cerah berawan.

"Ada beberapa wilayah kabupaten masih terjadi hujan ringan dan sedang namun intensitasnya berbeda-beda," ujarnya.

Ia mengatakan pada siang dan sore hari ada potensi hujan sedang di Kabupaten Kolaka, sedangkan hujan ringan berpotensi terjadi di Kabupaten Buton, Buton Utara, Kota Kendari, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Selatan, dan Muna Barat.

Pada malam hari berpotensi hujan ringan di Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur.

Suhu udara berkisar 24-30 derajat Celsius dengan kelembaban udara antara 70-95 persen, sedangkan angin bertiup dari timur ke selatan dengan kecepatan 2-30 kilometer per jam.

Ia mengatakan anomali suhu di muka laut di perairan sekitar Sulawesi Tenggara dapat meningkatkan penguapan, sedangkan faktor ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah tersebut.

Ia menambahkan wilayah berpotensi hujan sedang yang dapat disertai guntur dan angin kencang, yakni Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara yang diperkirakan hingga dua atau tiga hari ke depan, sedangkan wilayah berpotensi "thunderstorm" atau guntur di Kolaka Utara.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024