Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi melepas keberangkatan sebanyak 42 calon haji tambahan asal Kota Kendari untuk melakukan ibadah di Tanah Suci.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Kendari Ridwansyah Taridala di Kendari Selasa, meminta kepada 42 calon haji tersebut untuk bersungguh-sungguh dan menjaga niat selama menjalankan ibadah haji untuk mendapatkan ridha Allah.

Dia juga mengingatkan kepada jamaah calon haji tersebut untuk terus menjaga kesehatan, baik itu kesehatan fisik maupun mental atau spiritual

“Ketika kita tiba di Arab Saudi kita jadi duta negara. Mari kita pelihara, kita jaga identitas Indonesia kita dan kita sebagai Warga Kota Kendari untuk selalu menjaga kekompakan, menjaga harmonisasi dan juga untuk selalu saling menghargai,” harap Ridwansyah.

Selama menjalankan ibadah haji, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari itu juga meminta kepada calon jamaah haji itu agar selalu berdoa untuk diri sendiri, keluarga, dan untuk Kota Kendari agar selalu dalam lindungan Allah.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari Muhammad Lalan Jaya menyebutkan bahwa sebanyak 42 calon haji tambahan tersebut tergabung dalam kloter 42.

“Dengan jumlah laki-laki 17 orang dan untuk perempuan 25 orang, Alhamdulillah dari 42 orang calon jamaah haji telah mengikuti manasik sebanyak lima kali, dengan tingkat kabupaten dan kota sebanyak dua kali dan untuk tingkat kecamatan tiga kali,” jelas Lalan.

Dia menambahkan bahwa 42 calon haji ini juga telah mengikuti manasik kesehatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan.

“Mudah-mudahan semua calon jamaah haji dalam kondisi sehat, senantiasa dilindungi oleh Allah SWT. Mari kita laksanakan prosesi haji kita sesuai tuntunan Rasulullah melalui manasik yang telah diberikan dan jangan sungkan untuk bertanya yang tidak ketahui, silahkan bertanya kepada petugas yang mendampingi bapak ibu calon jamaah haji,” ungkapnya.

 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024