Kendari (ANTARA) - Bupati Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, Ruksamin mendorong para petani di daerah tersebut agar meningkatkan produksi komoditas tanaman bawang merah guna menekan laju inflasi.

"Komoditas bawang merah telah berhasil dikembangkan oleh para petani yang mana komoditas ini merupakan salah satu komoditas yang berperan penting dalam menekan inflasi," kata Ruksamin saat menghadiri panen raya yang dilaksanakan oleh salah satu kelompok tani di Desa Tetewatu, Kecamatan Wiwirano, Konawe Utara, Kamis.

Ruksamin didampingi Wakil Bupati Abu Haera bersama para asisten, staf ahli, kepala OPD, dan Kepala Bagian lingkup Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, serta Camat Wiwirano, Camat Landawe, Camat Langgikima beserta lurah/desa se-Kecamatan Wiwirano melakukan panen raya bawang merah.

Menurut Ruksamin, peningkatan produksi komoditas ini sangat penting dilakukan karena hal tersebut terkait dengan tingginya kebutuhan masyarakat akan bawang merah.

Ruksamin mengaku sangat bangga dan memberikan apresiasi kepada para petani, khususnya petani bawang merah yang berada di Desa Tetewatu Kecamatan Wiwirano atas kerja keras dan ketekunan dalam mengembangkan komoditas tersebut.

Dia menuturkan bahwa komoditas bawang merah merupakan salah satu andalan saat ini di pasar seluruh wilayah Indonesia. Komoditas tersebut diprediksi akan mampu memberikan kontribusi yang signifikan pada sektor pertumbuhan ekonomi sehingga mampu berperan penting dalam penekanan laju inflasi.

"Saya sebagai Pemerintah Daerah berkomitmen akan terus mendukung para petani dengan kebijakan yang dapat meningkatkan kesejahteraan para petani," ujar Ruksamin.

Bupati dua periode ini berharap agar para petani dan semua elemen terkait untuk selalu bersama-sama menyelaraskan serta menyukseskan berbagai program pemerintah dalam upaya menekan laju inflasi daerah dan percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Konawe Utara.

"Semoga dari Desa Tetewatu bisa merambat ke seluruh desa di Kabupaten Konawe Utara untuk ikut andil dan berperan aktif membantu pemerintah dalam upaya penekanan laju inflasi daerah dan pengentasan kemiskinan ekstrem," ucap Ruksamin.

Lebih lanjut Ruksamin menegaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk selalu memberikan jaminan kepada para petani, yang mana sejauh ini pemerintah telah menyiapkan segala macam kebutuhan petani seperti bibit, pupuk, serta alat pertanian.

"Agar para petani tidak menemukan lagi kendala dalam memproduksi berbagai komoditas yang menjadi andalan di Konawe Utara," kata Ruksamin.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024