Kendari (ANTARA) - Pemkot Kendari berpeluang untuk membawa ibu Kota Provinsi Sulawesi Tenggara itu meraih kategori utama dalam penyelenggaraan Kota Layak Anak tahun 2023.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu di Kendari Rabu, mengatakan, hasil evaluasi terakhir Kota Layak Anak yang dilakukan oleh tim verifikasi pada tahun 2022, Kota Kendari meraih penghargaan Kota Layak Anak dengan kategori Nindya secara berturut-turut pada tahun 2021 dan 2022.

“Tentu kita jangan berpuas diri dengan hasil yang telah dicapai, mari kita bekerja bersama-sama untuk senantiasa meningkatkan kinerja dan karya nyata karena kita harus terus berjuang untuk memberikan kepentingan terbaik bagi anak-anak di sini,” kata Asmawa Tosepu saat menghadiri verifikasi lapangan evaluasi Kota Layak Anak tahun 2023 secara hybrid oleh Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).

Ia berharap, Kota Kendari dapat meraih penghargaan Kota Layak Anak dengan kategori yang lebih tinggi lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

"Berdasarkan hasil verifikasi berkas yang dikirimkan kepada tim, masih terdapat sejumlah data yang harus dilengkapi. Kota Kendari diberikan waktu selama dua kali 24 jam untuk memperbaiki dan melengkapi kekurangan data yang dibutuhkan," ungkapnya.

Dia menyebutkan bahwa untuk hasil verifikasi sementara, tim verifikasi mengakui terdapat sejumlah penambahan data dan perbaikan dari data yang disampaikan tahun sebelumnya, sehingga Kota Kendari berpeluang meningkatkan statusnya dari tahun sebelumnya yang memperoleh predikat Kota Layak Anak kategori Nindya.

Sementara itu, Asisten Deputi Perlindungan Khusus Anak dan Kekerasan Kementerian PPA Ciput Eka Purwianti menjelaskan bahwa

Asisten Deputi Perlindungan Khusus Anak dan Kekerasan, Ciput Eka Purwianti mengatakan, Kota Kendari sudah berturut-turut selama beberapa tahun mendapatkan predikat utama untuk pelaksanaan Kota Layak Anak.

“Kami melihat bahwa kepala daerah telah bertanggung jawab atas komitmen untuk penyelenggaraan Kota Layak Anak di Kota Kendari dengan penuh dedikasi dan hubungan yang luar biasa melalui program-program maupun evaluasi berkala yang dilakukan seluruh penyelenggara Kota Layak Anak,” ujarnya.

Selain itu, dia juga mengungkapkan bahwa evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan Kota Penyelenggaraan Anak dan memberikan rekomendasi catatan untuk perbaikan.

“Semoga program pembinaan dan evaluasi Kota Layak Anak ini dapat berkontribusi besar untuk terwujudnya Provinsi Layak Anak dan semoga juga dengan semangat wujudkan Kota Layak Anak kita harapkan anak-anak di Kota Kendari menjadi anak yang sehat, ceria dan berahlak mulia,” katanya.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024