Baubau (ANTARA) - Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Baubau mengedukasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara pada momentum hari ulang tahun ke-25 Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Jadi dalam rangka HUT ke-25 Kementerian BUMN itu sebenarnya bagaimana jalan sehat itu kita menginspirasi dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan, karena di acara tersebut juga dihadirkan pelaku UMKM dengan disiapkan tenda-tenda atau stand bagi mereka," kata Pemimpin Area BNI Cabang Baubau, Rahmat Dahlan, di Baubau, Senin.

Ia mengatakan, program jalan sehat tersebut merupakan program dari Kementerian BUMN yang sifatnya nasional, dan di Sultra salah satunya juga dilaksanakan di Kabupaten Buton Tengah di lapangan J Wayong, Kecamatan Lombe yang dilepas Asisten I Setda Pemkab Buteng, Ahmad Sabir, serta dihadiri dari Pertamina Gas Negara (PGN), dan Damri sebagai BUMN yang juga terlibat dalam kegiatan itu. 

"Tema khusus (jalan sehat) ini kan memang di usung oleh Kementerian, jadi masing-masing daerah ada koordinator pelaksananya, kebetulan kalau di Buteng itu BNI, PGN dan Damri," ujarnya.


  Asisten I Setda Pemkab Buteng, Ahmad Sakir, mewakili Pj Bupati melepas peserta jalan sehat bersama BUMN dalam rangka HUT Kementerian ke-25 BUMN. (Antara/HO)

Kehadiran pelaku UMKM pada jalan sehat tersebut, menurut Dahlan, karena salah satu fungsi BUMN itu membina atau menggerakan perekonomian masyarakat dengan memberikan inspirasi dan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan salah satunya seperti jalan sehat. 

Lebih lanjut kata dia juga, kegiatan jalan sehat dengan menghadirkan pelaku UMKM itu sebagai upaya agar mereka ikut tampil ambil bagian sehingga juga lebih baik dalam menggerakan usaha yang mereka lakukan.

"Makanya bagi UMKM itu disiapkan khusus (stand) pada jalan sehat bersama BUMN, dan semua berjalan dengan sukses," ujarnya.

Dikatakannya pula, BNI dalam melaksanakan momentum itu terdapat empat daerah yakni Kabupaten Buton Tengah, Busel, Butur, dan Kabupaten Wakatobi, bersama PGN, dan Damri.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024