Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis potensi hujan sedang hingga lebat dan dapat disertai kilat dan angin kencang akan turun di hampir seluruh wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari, Faizal Habibie dalam rilis yang diterima, Jumat, mengatakan, perkiraan hujan tersebut terjadi sejak pagi hari, hingga menjelang siang dan bahkan sampai tengah malam.

Kabupaten Kolaka misalnya sedikitnya empat wilayah kecamatan berpotensi hujan yakni Wundulako, Kolaka, Pomalaa, dan kecamatan Baula, Kabupaten Konawe hampir semua wilayah kecamatan meliputi Lambuya, Unaaha, Wawotobi, Pondidaha, Sampara, Abuki, Soropia, Tongauna, Latoma, Puriala, Uepai, Wonggeduku, Besulutu, Bondoala, Routa, Anggaberi, Meluhu, Amonggedo, Asinua, Konawe, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Onembute, Padangguni, Morosi, Anggalomoare, Wonggeduku Barat, Anggotoa, Tongauna Utara,

Di Kabupaten Konawe Selatan, kata Faizal, juga hampir seluruh wilayahnya akan terjadi hujan mulai dari intensitas ringan, sedang, hingga lebat:

Wilayah kecamatan itu meliputi Tinanggea, Angata, Andoolo, Palangga, Landono, Lainea, Konda, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Laonti, Lalembuu, Benua, Palangga Selatan, Mowila, Moramo Utara, Buke, Wolasi, Laeya, Baito, Basala, Ranomeeto Barat, Kolono Timur, Sabulakoa, dan Andoolo Barat.



Begitu juga di Kabupaten Bombana pada tiga wilayah kecamatan yakni Rarowatu Utara, Lantari Jaya, dan kecamatan Mata Usu, Kabupaten Konawe Utara di wilayah Asera, Wiwirano, Langgikima, Molawe, Lasolo, Lembo, Sawa, Oheo, Andowia, Motui, Wawolesea, Lasolo Kepulauan, Landawe, Kabupaten Buton Utara pada kecamatan Kulisusu, Bonegunu, dan Kulisusu Barat.

Sementara di Kabupaten Kolaka Timur meliputi Tirawuta, Loea, Ladongi, Poli Polia, Lambandia, Lalolae, Mowewe, Uluiwoi, Tinondo, Aere, Dangia, Kabupaten Konawe Kepulauan berpotensi hujan di kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Selatan, Wawonii Tengah, Kabupaten Muna Barat di kecamatan Sawerigadi, Tiworo Tengah, Tiworo Utara, Tiworo Kepulauan, Kota Kendari meliputi kecamatan Mandonga, Kendari, Baruga, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, Kambu, Nambo, dan sekitarnya.

"Potensi hujan sedang dapat meluas ke wilayah Kabupaten Kolaka, Buton, Bombana, Kolaka Utara, Buton Utara, Koltim, Konkep, Muna Barat dan Buton Selatan," ujar Faizal Habibie.

Sedangkan suhu udara pada hari ini hingga esok hari 4 Maret 2023 masih tergolong normal yakni antara 24 - 32 derajat Celsius dengan kelembaban udara berkisar 65 - 95 persen dengan kecepatan angin bertiup dari barat daya - barat laut per 2 - 20 kilometer per jam.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Hujan sedang-lebat berpotensi turun di Sultra siang hingga malam

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024