Kendari (ANTARA) -
Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari memberikan bantuan sebanyak 500 buah buku di desa binaan angkatan yang disebut dengan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Desa Ranooha Raya, kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).
 
Komandan Lanal Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari di Konawe Selatan Selasa, mengatakan bahwa bantuan tersebut untuk melengkapi bahan bacaan dan mobil perpustakaan keliling di desa tersebut.
 
"Dan juga untuk meningkatkan minat baca masyarakat pesisir KBN Lanal Kendari," katanya.
 
Putra asli Bumi Anoa itu juga menuturkan bahwa selain bahan bacaan untuk anak sekolah dalam upaya mengembangkan klaster pendidikan, bantuan buku tersebut juga  didominasi terkait referensi bagaimana cara pengelolaan serta pengembangan budidaya hasil perikanan kelautan.
 
"Sesuai dengan segmentasi masyarakat pesisir," lanjutnya.
 
Ia juga mengungkapkan bahwa bantuan buku-buku tersebut  merupakan salah satu upaya Lanal Kendari dalam meningkatkan minat baca masyarakat pesisir, terkhususnya di KBN dan masyarakat Kecamatan Moramo, Kabupaten Konsel.
 
Dia menyampaikan bahwa dengan meningkatnya minat baca masyarakat mampu mengembangkan serta mengaplikasikannya di lapangan. Sehingga, bukan hanya pada sektor pendidikan bagi anak sekolah, melainkan juga pada pengembangan ekonomi Melalui budidaya hasil perikanan dan kelautan.
 
"Yang secara otomatis dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir," jelasnya.
 
Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari berharap semoga bantuan buku-buku tersebut tidak hanya menjadi penghias di rumah pintar KBN.
 
"Namun juga, buku ini sebagai referensi untuk mengolah ikan, budidaya ikan, dan tidak menutup kemungkinan juga warga sekitar Moramo ini bisa menimba ilmu di KBN terkait dengan hasil laut," tuturnya.
 
Untuk diketahui, selain menyerahkan bantuan buku, Lanal Kendari juga menyerahkan bantuan berupa alat salat untuk imam masjid di Desa Ranooha Raya tersebut.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024