Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara akan mendorong Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari menjadi rumah sakit pendidikan di Sultra.

Penjabat Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu di Kendari, Jumat, mengatakan pihaknya berkomitmen terus berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Untuk itu, dia menyebutkan, akan mendorong peningkatan status RSUD Kota Kendari dari tipe B menjadi tipe A.

“Sudah kami tekankan tadi, bahwa pemerintah kota terus berusaha untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat, dan salah satunya adalah mendorong peningkatan status RSUD Kota Kendari dari sekarang tipe B, mudah-mudahan bisa memenuhi syarat menjadi tipe A,” katanya.

Dia juga menyampaikan bahwa RSUD Kota Kendari bisa menjadi peluang menjadi rumah sakit pendidikan di "Bumi Anoa" itu.

“Atau paling tidak, RSUD Kota Kendari bisa mengambil peran sebagai rumah sakit pendidikan di Sulawesi Tenggara,” lanjutnya.

Asmawa Tosepu menjelaskan dorongan untuk menjadikan RSUD Kota Kendari sebagai rumah sakit pendidikan karena di Sultra ada universitas yang memiliki fakultas kedokteran.

“Karena diketahui sendiri, UHO (Universitas Halu Oleo) sudah memiliki fakultas kedokteran, tetapi belum ada rumah sakit pendidikan. Kemudian, Universitas Muhammadiyah Kendari atau UMK juga sudah akan mendirikan fakultas kedokteran, tetapi juga belum ada rumah sakit pendidikan,” katanya.

Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu, menuturkan komitmen terus mendorong mempercepat peningkatan peran atau status RSUD Kendari.

“Saya akan dorong terus peningkatan peran atau status RSUD Kendari ini sebagai rumah sakit pendidikan menuju rumah sakit tipe A,” katanya.

Untuk memenuhi hal itu, dia akan memberikan bantuan beasiswa kepada dokter-dokter yang ada di Kota Kendari untuk mengambil spesialisasi atau dokter ahli di perguruan tinggi.

“Sehingga nantinya mereka-mereka inilah, dokter ahli atau dokter spesialis yang akan menjadi tulang punggung pelayanan kesehatan di Kota Kendari ini,” katanya.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024