Kendari (ANTARA) - Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, La Ode Ahmad Monianse mengatakan keberadaan kantor imigrasi tidak hanya sebagai wujud kedaulatan tetapi juga menjaga iklim investasi guna menjaga pertumbuhan perekonomian.

"Tadi Menteri Hukum dan HAM mengamanahkan bahwa imigrasi dalam ketegasannya tetap menjadi pendukung upaya pertumbuhan perekonomian. Hari ini kita di pertumbuhan angka 5 (persen), dan semua komponen, baik kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah harus mendukung untuk percepatan pertumbuhan perekonomian, salah satunya dengan menjaga iklim investasi," kata Wali Kota Ahmad Monianse, usai menghadiri Hari Bhakti Imigrasi ke-73 dengan tema Imigrasi Baru Untuk Indonesia Semakin Maju, di Baubau, Kamis.

Imigrasi sebagai pendukung pertumbuhan perekonomian, kata dia, semakin mempertegas bahwa bukan berarti sebagai penghalang, tetapi justru memberikan keyakinan bahwa investasi di Indonesia aman.

Wali Kota Baubau juga pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan selamat buat Imigrasi Baubau yang telah naik status menjadi Kantor Imigrasi Kelas II sekaligus juga naiknya eselon buat pimpinannya dan beberapa jabatan di dalamnya.

"Satu yang membanggakan karena Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini kanwil memberikan kepercayaan kepada siapa yang bekerja. Memang biasanya ada yang menaikkan statusnya tapi bukan yang menikmati eselonnya, hari ini orang yang menaikkan statusnya dia juga yang mendapatkannya," katanya.

Wali Kota Monianse juga mengutarakan harapannya dengan naiknya status dan seiring naiknya eselonnya, maka pelayanan Imigrasi lebih semakin baik dan meningkat.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Baubau, Teguh Santoso menuturkan kenaikan status Kantor Imigrasi Baubau merupakan kado khusus pada Hari Bhakti Imigrasi ke-73 dengan tema Imigrasi Baru Untuk Indonesia Semakin Maju.

"Ini adalah reward buat Kantor Imigrasi Baubau, dan alhamdullilah berkat dukungan dari pemda-pemda di wilayah kerja Kantor Imigrasi Baubau," ujar Teguh dengan menyebut bahwa mereka sangat mendukung kemajuan imigrasi Baubau terutama Wali Kota Baubau dan jajarannya. Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Baubau, Teguh Santoso diwawancarai sejumlah media pada Hari Bhakti Imigrasi ke-73 Tahun 2023, di Baubau, Kamis. (Foto Antara/Azis Senong)
Ia menegaskan, dengan naiknya status imigrasi Baubau tersebut tentu akan semakin meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat dengan inovasi-inovasi sebelumnya maupun inovasi lainnya yang baru.

"Kita ada banyak inovasi-inovasi baik seperti inovasi paspor sedekah, paspor lippo plaza, paspor Sabtu melayani dan lainnya. Dan mungkin kita akan ada inovasi-inovasi yang lain untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat," kata Teguh Santoso didampingi Kepala Seksi Teknologi Informasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Baubau, Indra Kusuma Atmaja.

Kegiatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 tahun 2023 yang di gelar di Kantor Imigrasi Baubau dihadiri unsur Forkompimda setempat, pimpinan instansi vertikal dan BUMN.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024