Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara memprakirakan potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di empat wilayah kabupaten di Sultra yang terjadi sekitar pukul 07.30 Wita hingga siang hari.

Koordinator Observasi dan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie dalam pernyataan tertulis yang diterima di Kendari, Senin, menyebutkan wilayah kabupaten yang berpotensi hujan sedang dan lebat hingga disertai kilat dan petir, yakni Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, dan Kota Kendari.

"Potensi hujan sedang hingga lebat bakal mengguyur wilayah Kabupaten Konawe meliputi Kecamatan Soropia, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Morosi, Anggalomoare, dan Kabupaten Konawe Selatan meliputi Kecamatan Laonti, dan Moramo Utara," ujaranya.



Selain itu, lanjut Faizal, juga terjadi di Kabupaten Konawe Utara meliputi Kecamatan Lasolo, Lembo, Sawa, Motui, Wawolesea, dan di Kota Kendari meliputi wilayah kecamatan : Mandonga, Kendari, Baruga, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, Kambu, Nambo, dan sekitarnya.

Potensi hujan juga dapat meluas ke Kabupaten Konawe yang meliputi Pondidaha, Sampara, Besulutu, Bondoala, Anggaberi, Meluhu, Amonggedo, di Kabupaten Konawe Selatan: di wilayah kecamatan Konda, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Wolasi, Ranomeeto Barat, Kolono Timur, dan Kabupaten Konawe Utara di Kecamatan Molawe.

Selanjutnya, di Kabupaten Konawe Kepulauan juga berpotensi diguyur hujan di wilayah Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan, Wawonii Tengah, dan kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga siang hari.

Sementara suhu udara berkisar 24 - 33 derajat Celsius dengan kelembapan udara antara 60 - 95 persen dengan kecepatan angin bertiup dari barat daya - barat laut /2 - 30 kilometer per jam.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG Kendari prakirakan empat wilayah di Sultra diguyur hujan

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024