Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara memprakirakan potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di empat wilayah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Koordinator Observasi dan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie dalam pernyataan tertulis yang diterima di Kendari, Selasa menyebutkan empat wilayah kabupaten kota yang diperkirakan hujan pada pukul 09.20 Wita hingga siang hari yakni Kabupaten Kolaka meliputi wilayah kecamatan Wundulako, Kolaka, Pomalaa, Watubangga, Baula, Tanggetada, dan Polinggona.

Kemudian, Kabupaten Bombana meliputi wilayah kecamatan Mata Usu, Kabupaten Buton Utara pada wilayah kecamatan Kulisusu Utara, dan Wakorumba Utara, dan Kabupaten Kolaka Timur meliputi wilayah kecamatan Poli Polia, dan sekitarnya.

"Dan dapat juga meluas ke wilayah Kota Kendari, Kabupaten Kolaka, Bombana, Kolaka Timur dan Konawe Selatan," ujarnya.

Di kabupaten Kolaka misalnya diperkirakan akan hujan sedang pada wilayah kecamatan Latambaga, dan Samaturu, Toari, di Kabupaten Kabupaten Konawe Selatan meliputi wilayah kecamatan Lainea, Kolono, Laonti, Lalembuu, Kolono Timur, dan Kabupaten Bombana di kecamatan Poleang Barat, Tontonunu, dan Lantari Jaya.

Sementara di Kabupaten Kolaka Timur meliputi wilayah kecamatan Loea, Ladongi, Lambandia, Lalolae, Mowewe, Aere, Dangia, dan sekitarnya serta Kota Kendari hujan rintik dan sedang meliputi wilayah kecamatan Kadia, Mandonga dan Kecamatan Baruga.

Suhu udara diperkirakan antara 24 - 33 derajat celsius dengan kelembaban udara 60 - 95 persen serta angin bertiup dari barat daya - barat laut per 2 - 30 kilo meter per jam.

Untuk itu diimbau kepada masyarakat yang melakukan aktivitas ke luar daerah dengan menggunakan jasa transportasi laut maupun darat untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang selalu berubah, sehingga tetap mengupdate informasi perkembangan cuaca melalui situs resmi BMKG setempat.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024