Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, memprakirakan potensi hujan sedang hingga lebat masih menyelimuti beberapa wilayah kabupaten dan kota di Sultra.

Keterangan tertulis yang diterima dari BMKG Kendari, Selasa, menyebutkan di pagi hari berpotensi hujan sedang di wilayah Kabupaten Buton Selatan dan hujan ringan di wilayah Kota Baubau, Buton, Buton Utara, Buton Tengah, Muna dan Kabupaten Wakatobi.

Sementara di siang dan sore hari juga masih berpotensi terjadi hujan sedang di wilayah Kabupaten Bombana; hujan ringan di wilayah Kabupaten Buton Selatan, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Utara, dan Wakatobi.

"Sementara di malam hari, berpotensi hujan ringan di wilayah Buton Selatan, Kolaka Utara dan Kabupaten Konawe Utara," ujar Koordinator Observasi dan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie.

Sementara pada dini hari juga diperkirakan akan hujan ringan di wilayah Kota Baubau, Buton, Buton Selatan dan Kabupaten Buton Tengah.

Suhu udara antara 24 - 32 derajat celsius, dengan kelembaban udara 65 - 95 persen serta kecepatan angin dari barat daya - barat laut / 2 - 40 km/jam.

Selain kondisi hujan yang terjadi, BMKG Kendari juga merilis kondisi gelombang laut di beberapa perairan di wilayah di Sulawesi seperti di perairan Parepare, perairan Pangkep, Teluk Bone, Perairan Bone Rate yang tinggi  gelombang antara 1,25 meter hingga 2,5 meter.

Sedangkan tinggi gelombang di atas 2,5 - 4 meter terjadi di selat Makassar bagian Selatan, Perairan Spermonde Makassar bagian Selatan, perairan barat Kepulauan Selayar, perairan Sabalana, perairan timur Kepulauan Selayar, Laut Flores bagian Utara serta Laut Flores bagian Barat.

"Untuk itu diimbau kepada masyarakat yang melakukan aktivitas di laut maupun di luar rumah agar tetap waspada terhadap potensi hujan, angin kencang serta gelombang di beberapa perairan laut dimaksud," tutur Faizal  Habibie.*

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024