Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara, merilis semua daerah 17 kabupaten/kota di provinsi itu berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Koordinator Observasi dan Informasi Bidang Maritim Kendari, Faizal Habibie di Kendari, Minggu, mengatakan daerah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat bahkan terjadi petir dan kilat serta angin kencang.

"Potensi hujan di hampir seluruh wilayah Sultra terjadi pada Minggu sejak pukul 12.30 Wita hingga sore hari," ujarnya.

Adapun suhu udara antara 25 hingga 32 derajat Celsius dengan kelembaban udara antara 65 hingga 95 persen dengan angin bertiup dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan 2 hingga 20 kilometer per jam.

Di kabupaten Kolaka, hujan akan turun di wilayah kecamatan Wolo, Latambaga, Tanggetada, Polinggona dan Iwoimendaa.

Kabupaten Konawe meliputi kecamatan Latoma, Bondoala dan Onembute, Kabupaten Konawe Selatan terjadi hujan di Tinanggea, Laonti, Moramo Utara, Wolasi, Laeya, Kolono Timur dan kabupaten Bombana meliputi Mata Oleo, Mata Usu,

Begitu pun di kabupaten Konawe Utara di wilayah Lembo, Sawa, Motui dan kecamatan Landawe. Kabupaten Buton Utara di kecamatan Kulisusu Utara.

Di Kabupaten Kolaka Timur di Kecamatan Tirawuta, Ladongi, Poli Polia, Mowewe, Tinondo, Aere dan Ueesi, kabupaten Konawe Kepulauan meliputi wilayah Wawonii Tenggara dan sekitarnya.

"Kondisi ini dapat meluas hujan ke wilayah
Kabupaten Kolaka, Konawe, Kolaka, Pomalaa, Baula dan Samaturu, kabupaten Konawe di Lambuya, Soropia, Uepai, Anggaberi dan Meluhu, Kabupaten Konawe Selatan di Palangga dan Kecamatan Konda.

Kabupaten Bombana di Poleang Utara, Rumbia Tengah, Tontonunu, Lantari Jaya, Kabupaten Kolaka Utara meliputi Batu Putih, Wawo dan Pakue Utara. Kabupaten Konawe Utara di Asera dan Lasolo.

Kabupaten Kolaka Timur di Loea, Uluiwoi,
Kabupaten Konawe Kepulauan di wilayah Wawonii Timur, kabupaten Muna Barat di Tiworo Utara, dan Kota Kendari hujan di kecamatan Kendari, Baruga dan sekitarnya.

Adapun suhu udara antara 25 hingga 32 derajat Celsius dengan kelembaban udara antara 65 hingga 95 persen dengan angin bertiup dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan 2 hingga 20 kilometer per jam.


Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024