Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan perihal potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sejumlah daerah di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara pada Sabtu.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Kabupaten Kolaka, Konawe, Muna, Buton, Konawe Selatan, Bombana, Kolaka Utara, Konawe Utara, Buton Utara, Kolaka Timur, dan Konawe Kepulauan.

Hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin berpeluang turun di wilayah Kecamatan Wolo, Latambaga, Samaturu, dan Iwoimendaa di Kabupaten Kolaka; Kecamatan Lambuya, Uepai, Routa, dan Anggaberi di Kabupaten Konawe; serta Kecamatan Wakorumba Selatan, Katobu, Duruka, Lohia, Watopute, Kontunaga, Tongkuno, Pasir Putih, Pasi Kolaga, dan Batukara di Kabupaten Muna.

Kondisi cuaca yang sama berpotensi terjadi di Kecamatan Pasarwajo, Kapontori, Lasalimu, Lasalimu Selatan, Siotapina, dan Wolowa di Kabupaten Buton serta Kecamatan Landono, Lainea, Konda, Ranomeeto, Kolono, Laonti, Mowila, Buke, Wolasi, Baito, dan Kolono Timur di Kabupaten Konawe Selatan.

Wilayah Kecamatan Poleang Timur, Rarowatu, Rumbia, Mata Oleo, dan Poleang Tenggara di Kabupaten Bombana; Kecamatan Lasusua, Batu Putih, Rante Angin, Wawo, Lambai, dan Porehu di Kabupaten Kolaka Utara; serta Kecamatan Wiwirano dan Lasolo di Kabupaten Konawe Utara juga menghadapi potensi Hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin.

Cuaca serupa diprakirakan meliputi Kecamatan Kulisusu, Kambowa, Bonegunu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, dan Wakorumba Utara di Kabupaten Buton Utara; Kecamatan Tirawuta, Uluiwoi, Tinondo, dan Ueesi di Kabupaten Kolaka Timur; serta Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan, dan Wawonii Tengah di Kabupaten Konawe Kepulauan.

Hujan yang disertai angin kencang bisa memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

"Selain hujan sedang dan lebat, juga berpotensi terjadi kilat/petir hingga angin kencang, sehingga masyarakat diharapkan tetap waspada dengan cuaca ekstrem saat ini," kata Faizal Habibie, Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari.



Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024