Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara merilis kondisi cuaca di sejumlah daerah di Sultra yang diprakirakan mengalami hujan sedang hingga lebat.

Koordinator Observasi dan Informasi Bidang Maritim Kendari, Faizal Habibie di Kendari, Ahad mengatakan daerah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat terpantau ada enam kabupaten dan kota.

"Jadi wilayah itu selain hujan lebat juga disertai kilat dan petir hingga angin kencang," ujarnya.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yakni Kabupaten Konawe meliputi kecamatan Lambuya, Puriala, Onembute, Kabupaten Buton meliputi wilayaj Pasarwajo, Kapontori, Lasalimu, Lasalimu Selatan, Siotapina, Wolowa dan kecamatan Wabula.

Kabupaten Konawe Selatan di wilayah Angata, Konda, Benua, Moramo Utara, Wolasi, Kabupaten Kolaka Timur berpotensi hujan di Tirawuta, Loea, Ladongi, Poli Polia, Lambandia, Aere, Dangia.

Kemudian di Kota Kendari meliputi kecamatan Baruga, Poasia, Kambu, Kota Bau Bau di wilayah Sorawolio, Bungi, Kokalukuna, Lea-lea, dan sekitarnya.

Kondisi itu dapat meluas ke wilayah Kabupaten Kolaka meliputi wilayah Wundulako, Pomalaa, Baula, Tanggetada, Polinggona, Kabupaten Konawe di kecamatan Unaaha, Pondidaha, Sampara, Abuki, Tongauna, Latoma, Uepai, Wonggeduku, Besulutu, Asinua, Konawe, Padangguni, Wonggeduku Barat dan Tongauna Utara.

Kabupaten Muna di kecamatan Tongkuno, Pasir Putih, Pasi Kolaga, Kabupaten Konawe Selatan:* Landono, Ranomeeto, Moramo, Lalembuu, Mowila, Buke, Baito, Basala, Ranomeeto Barat, Sabulakoa.

Kabupaten Bombana di wilayah kecamatan Rumbia, Mata Oleo, Rumbia Tengah, Mata Usu, Kabupaten Wakatobi Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko, Wangi Wangi Selatan, Kaledupa Selatan, Tomia Timur dan kecamatan Togo Binongko.

Kabupaten Kolaka Utara di wilayah Porehu, Tolala, Kabupaten Buton Utara meliputi Kulisusu, Kambowa, Bonegunu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, Kabupaten Kolaka Timur meliputi Kecamatan Lalolae, Mowewe, Uluiwoi dan Tinondo.

Kabupaten Buton Tengah di Kecamatan Lakudo, Gu, Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Selatan di Sampolawa, Lapandewa, Kadatua.

Sedangkan Kota Kendari kembali berpotensi hujan di Mandonga, Kendari, Kendari Barat, Abeli, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, Nambo, dan Kota Bau Bau di wilayah Betoambari, Wolio, Murhum, Batupoaro, dan sekitarnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024