Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, membangun koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam upaya meningkatkan pemanfaatan aspal Buton.

Penjabat Bupati Buton Basiran dalam keterangan tertulisnya di Kendari, Sabtu, mengatakan pihaknya bergerak cepat dalam memanfaatkan peluang untuk pengembangan dan pemanfaatan aspal Buton.

"Pada dasarnya koordinasi kami dengan Menteri PUPR terkait kesiapan penyediaan aspal dalam hal ini kesiapan pabrik dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri,” katanya.

Pj. Bupati Buton bersama pihak terkait menghadiri rapat bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta,  12-13 Oktober 2022.

Pj. Bupati Buton didampingi Kepala Dinas PU Kabupaten Buton, Direktur Utama PT Wika Bitumen, Direktur Utama Kartika Prima Abdi, dan Ketua ASPABI.

Basiran mengakui bahwa Kementerian PUPR yang akan melaksanakan arahan untuk penggunaan aspal sehingga terdapat kecocokan antara pasokan dan permintaan.

“Hari kedua dilanjutkan dengan bisnis matching antara produsen aspal termasuk dengan Kementerian PUPR. Yang jadi topik pembicaraan terkait dengan jenis produksi aspal yang meliputi aspal murni dan campuran," ujar dia.

Baca juga: Presiden tawarkan investasi aspal Buton Sultra saat buka Investor Daily Summit 2022


Kepala BPKAD Sultra ini menguraikan hasil rumusan ini akan menghasilkan kesimpulan bahwa kebutuhan aspal dalam negeri dan kesiapan pabrik yang ada di Buton maupun pabrik yang ada di masing-masing provinsi termasuk pembahasan besaran biaya yang digunakan untuk mengurangi impor aspal.

Basiran juga menuturkan, setelah pertemuan dengan Kementerian PUPR, Mantan Kepala Biro Umum dan Humas Setda Kalimantan Utara ini juga melakukan koordinasi ke Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

“Di Kemenko Marves kami melakukan koordinasi dan konsultasi dengan Asisten Deputi Bidang Infrastruktur Kemenko Marves. Pihak Kemenko Marves siap membantu percepatan optimalisasi penggunaan aspal buton,” kata Pj. Bupati Buton.

Sebelumnya pada 27 September lalu, Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke Buton untuk melihat ketersediaan aspal di Buton yang melimpah dengan stok 662 juta ton.

Baca juga: Presiden Jokowi dorong Buton menjadi wilayah industri penghasil aspal

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024