Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara, menyebutkan lima daerah di provinsi tersebut berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faisal Habibie dalam keterangan tertulis Humas BMKG Sultra diterima di Kendari, Senin mengatakan lima daerah di provinsi tersebut yakni Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Timur, dan Bombana.

"Peringatan dini cuaca Sulawesi Tenggara tanggal 3 Oktober 2022 berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dapat terjadi di lima daerah tersebut pada hari ini hingga pukul 18.00 Wita," katanya.

Faisal menjelaskan di Kabupaten Konawe potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Latoma yang dapat meluas ke Puriala, Asinua, dan Onembute.

Kemudian di Kabupaten Konawe Selatan berpotensi di Kecamatan Tinanggea, Angata, Andoolo, Palangga, Lalembuu, Benua, Palangga Selatan, Buke, Laeya, Baito, Basala, Andoolo Barat yang dapat meluas ke Landono, Lainea, Mowila, dan Wolasi.

Di Kabupaten Kolaka potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Wundulako, Kolaka, Latambaga yang dapat meluas ke Pomalaa, Watubangga, Wolo, Baula, Tanggetada, Samaturu, Toari, dan Polinggona.

Berikutnya di Kabupaten Kolaka Timur potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Lambandia, Mowewe, Uluiwoi, Tinondo, Dangia yang dapat meluas ke Tirawuta, Loea, Ladongi, Poli Polia, Lalolae, Aere, dan Ueesi.

Kemudian di Kabupaten Bombana berpotensi dapat terjadi di Kecamatan Lantari Jaya yang dapat meluas ke Rarowatu, Rumbia, Poleang Barat, Rarowatu Utara, Poleang Utara, Tontonunu, dan Mata Usu.

Dia menambahkan potensi hujan sedang hingga lebat juga dapat meluas ke Kabupaten Muna utamanya di Kecamatan Parigi, Bone, Tongkuno, dan Tongkuno Selatan.

Kemudian di Kabupaten Buton juga berpotensi diguyur hujan lebat utamanya di Kecamatan Lasalimu, Lasalimu Selatan, dan Siotapina. Lalu di Kabupaten Wakatobi di Kecamatan Wangi-wangi dan Wangi-Wangi Selatan.

"Terakhir potensi hujan sedang hingga lebat juga dapat meluas ke Kabupaten Buton Tengah di Kecamatan Lakudo, Gu, dan sekitarnya," katanya.

BMKG Sultra mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024