Kendari (ANTARA) - Wali Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Sulkarnain Kadir berharap kepada jamaah calon haji (JCH) asal daerah itu untuk fokus beribadah dengan menyelesaikan semua rukun haji selama berada di Tanah Suci Mekah.

"Kami harap jamaah calon haji Kota Kendari setelah berada di Tanah Suci bila perlu menanggalkan pangkat dan jabatan serta status sosial dan benar-benar fokus beribadah kepada Allah SWT dan kembali ke Tanah Air menjadi haji yang mabrur," katanya di Kendari, Kamis.

Sebelumnya pada Rabu (15/6) Wali Kota Kendari melepas 295 calon haji yang tergabung dalam kloter 6 Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan, dan rencananya baru akan berangkat dari Kota Kendari ke Makassar pada tanggal 21 Juni 2022.

"Jadi manfaatkan betul kesempatan ini karena masih banyak saudara-saudara kita yang merindukan kesempatan untuk naik haji termasuk bapak/ibu yang menunggu selama dua tahun," ungkap Sulkarnain Kadir.

Wali Kota Sulkarnain menambahkan dalam pemberangkatan haji tahun ini Pemerintah Kota Kendari membantu transportasi dari Kendari menuju Embarkasi Makassar dengan harapan jamaah calon haji bisa mendoakan yang terbaik bagi warga Kota Kendari pada khususnya dan masyarakat Sulawesi Tenggara pada umumnya.

Baca juga: Kanwil Kemenag sebut kuota haji 2022 Sultra sebanyak 917 orang

Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kota Kendari Lalan Jaya mengungkapkan tahun 2022 jamaah calon haji Kota Kendari seluruhnya berjumlah 295 orang yang tergabung dalam kloter 6 Makassar.

Diungkapkan sebelum berangkat telah melakukan manasik sebanyak enam kali baik dilakukan secara massal maupun kelompok yang dilakukan di masing- masing kecamatan.

"Jadi jamaah calon haji Kendari akan diberangkatkan dalam dua kali penerbangan reguler pertama dengan jumlah 266 orang yang akan diberangkatkan pada 21 Juni 2022 dan penerbangan pertama sebanyak 155 orang menggunakan pesawat Citylink, diharapkan semua calon haji sudah berada di bandara," ungkapnya.

Sementara 140 calon haji akan berangkat pada penerbangan kedua menggunakan pesawat Garuda pada pukul 10.45 Wita dan diperkirakan akan tiba di Arab Saudi pada tanggal 23 Juni.

Baca juga: Sebanyak 294 calhaj Kota Kendari lakukan vaksinasi meningitis

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024