Jakarta (ANTARA) - Pihak Kepolisian Bern menyampaikan jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) ditemukan di cekungan bendungan air Engehalde, Bern pada Rabu pagi (8/6) sekitar pukul 06.50 waktu setempat.

"Sejumlah petugas khusus polisi maritim kepolisian Kanton Bern berhasil menemukan jenazah di cekungan bendungan air dan mengamankannya," jelas siaran pers di laman kepolisian Bern dikutip pada Kamis malam.

Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu dinyatakan hilang saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis, 26 Mei 2022.

Setelah mengamankan jenazah, pihak kepolisian Bern melakukan penyelidikan forensik untuk mengidentifikasinya.

Hasil pemeriksaan memastikan bahwa tubuh tersebut adalah jenazah Eril.

"Seluruh penyelidikan saat ini telah tuntas," demikian siaran pers kepolisian Bern.

Eril, 22 tahun, dinyatakan hilang setelah mengalami suatu situasi darurat saat berenang di sungai tersebut.

Kepolisian Bern menyatakan Eril tenggelam akibat kecelakaan saat berenang di sungai itu.

Selama dinyatakan hilang, langkah-langkah pencarian secara intensif terus dilakukan oleh pihak berwenang Swiss, khususnya otoritas Bern.

Polri telah terima pemberitahuan

Kepala Divisi Humas Polri Pol. Dedi Prasetyo menyebutkan Polri telah menerima pemberitahuan terkait dengan penemuan jenazah Emmeril Khan Mumtadz, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Informasi tersebut diperoleh dari hasil komunikasi dengan SLO Polri di Jerman dengan Kepolisian Swiss.

"Betul dari hasil komunikasi dengan kepolisian setempat bahwa jenazah Eril ditemukan oleh kepolisian penjaga pintu air," kata Dedi saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Kamis malam.

Dedi mengatakan bahwa Polri menerima informasi temuan jenazah Eril dari senior liaison officer (SLO) Polri yang ada di Jerman sekitar pukul 18.00 WIB.

"Tadi sekitar magrib dapat info dari SLP Polri yang ada di Jerman," kata Dedi.

Langkah selanjutnya setelah temuan tersebut, kata dia, jenazah aman diserahkan kepada pihak keluarga untuk dipulangkan ke Indonesia.

"Selanjutnya akan ada penyerahan di KBRI oleh kepolisian setempat kepada pihak keluarga," ujar Dedi.

Dalam pencarian Eril, Polri proaktif memantau operasi pencarian, dan mengajukan penerbitan Yellow Notice guna membantu operasi pencarian.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polisi Bern temukan jenazah Eril di cekungan bendungan Engehalde

Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024