Kendari (ANTARA) - Aparat kepolisian Polres Kendari Sulawesi Tenggara mengingatkan warga agar  waspada terhadap pelaku pencurian atau maling spesialis rumah kosong saat ditinggal penghuninya pada Lebaran 2022.

Kapolres Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman di Kendari, Sabtu malam mengatakan warga sudah bersiap-siap bahkan sudah ada yang  mulai pulang kampung.

"Pihak kepolisian mengimbau warga yang pulang kampung agar meningkatkan kewaspadaan karena maling lebih cerdik menyasar korbannya," kata Kapolres Kendari.

Saat ini beberapa  rumah atau kos-kosan ditinggalkan penghuninya yang mudik lebaran. Baiknya  kalau menitipkan kepada tetangga untuk memonitor rumah yang kosong itu.

Selain rawan kemalingan juga rumah yang ditinggalkan penghuni harus mewaspadai ancaman amukan "jago merah" atau kebakaran.

"Mudah-mudahan kita semua dijauhkan dari musibah apa saja, khususnya kecurian dan kebakaran. Musibah memilukan itu pernah terjadi di masa  mudik beberapa tahun lalu," ujarnya.

Informasi yang dihimpun menyebutkan salah satu rumah yang ditinggal mudik pemiliknya  lupa dikunci pintu bagian belakang.

"Saya sudah telepon tetangga pemilik rumah bahwa pintu rumah bagian belakang tidak terkunci.  Pemilik rumah mengakui lupa mengunci pintu belakang," kata Ernice (49) sembari menunjuk rumah yang dimaksud.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024