Baubau (ANTARA) - Pos TNI Angkatan Laut Baubau, Sulawesi Tenggara, akan menggelar lomba keterampilan baris-berbaris (PBB) khususnya bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) guna membantu menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan disiplin kepada generasi muda sebagai masa depan bangsa.

"Di PBB itu melatih disiplin seorang siswa bagaimana kekompakan dan kebersamaan. Kemudian dengan adanya kegiatan itu, semoga anak-anak muda kita mencontoh seniornya yang lebih baik lagi," ujar Komandan Pos TNI Angkatan Laut Baubau, Letda Laut (T) Pungky Pradita, di Baubau, Rabu.

Ia juga menyebutkan, melalui kegiatan tersebut diharapkan mengurangi kenakalan remaja maupun perkelahian antarsekolah, dan siswa betul-betul memahami jati diri mereka sebagai generasi penerus negeri ini.

Ia mengatakan, lomba yang rencana digelar pada pekan ketiga bulan Maret 2022 terlebih dulu akan dilakukan technical meeting pada 21 Februari ini untuk membahas peraturan atau hal-hal teknis termasuk penilaian dalam lomba nantinya.

"Jadi dalam rangkaian acara itu juga nanti atau pada Sabtu pagi akan ada upacara pembukaan yang dihadiri seluruh perwakilan dari SMA dan SMP se-Kota Baubau dan sekitarnya," ujarnya.

Pungky menambahkan, peserta setiap sekolah yang terdiri sebanyak 16 orang termasuk satu orang komandan peleton (danton) itu tidak hanya sekolah diwilayah Kota Baubau, tetapi beberapa daerah sekitar atau diwilayah kerja Pos TNI Angkatan Laut Baubau yakni Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, dan Kabupaten Buton Utara.

"Jadi nanti akan ada undangan, mungkin dua atau tiga undangan kami akan layangkan ke SMA dan SMP di Pasarwajo (Buton) sebagai perwakilannya, termasuk di Buton Tengah dan Buton Selatan juga ada. Tetapi juga Buton Utara karena keterbatasan sumber daya, anggaran kita maksimalkan seperlunya. Seperti mungkin di Baubau sekitar 10-15 SMA dan SMP kan sudah 30 peserta," katanya.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut, menurutnya, sebagai salah satu wujud kepedulian dari pihaknya dalam membantu pembentukan watak, fisik dan rasa tanggungjawab sebagai generasi muda penerus bangsa.  

"Jadi dengan adanya kegiatan itu kita berharap membantu Dispora untuk menyeleksi bibit-bibit untuk kedepannya jadi paskibra mewakili Baubau maupun dari masing-masing daerahnya untuk seleksi ke provinsi," katanya.

Lomba untuk kategori tingkat SMA dan SMP itu, kata dia, selain ada piala tetap, juga akan ada piala bergilir yang akan diperebutkan.
 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024