Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menargetkan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di daerah itu mencapai 7.800 orang.

Kepala Dinas Kesehahatan Buton Utara dr Izanuddin melalui pesan WhatsApp diterima di Kendari, Rabu, menyebutkan daerahnya bersama tiga kabupaten lainnya telah direkomendasikan pemerintah provinsi untuk menggelar vaksinasi anak karena telah memenuhi syarat, di antaranya mencapai target vaksinasi lansia di atas 50 persen begitupun dengan vaksinasi dosis dua.

"Jumlah target vaksinasi anak di bawah 12 tahun ini sekitar 7.800-an, 'lauching'-nya (peluncuran) sudah dimulai kemarin (17/1) dibuka Bupati Buton Utara Muh. Ridwan Zakaria yang disaksikan unsur TNI-Polri," ujarnya.

Ia mengatakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini merupakan langkah positif dari pemerintah dalam rangka melindungi anak dari penyebaran virus COVID-19 dan menghadapi pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Izanuddin mengatakan dari 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, selain Buton Utara tiga daerah lainnya yang mendapat rekomendasi melaksanakan vaksinasi anak di bawah usia 12 tahun adalah kabupaten Kolaka, Konawe Kepulauan dan Kabupaten Wakatobi. Sasaran penerima vaksin di Buton Utara mencapai 57.970 orang.

Adapun yang telah menerima dosis I sejumlah 36.438 orang, disusul dosis II sebanyak 16.270 orang, dan dosis III sejumlah 294 orang.

Saat vaksinasi pada Senin (17/1) ada 256 orang mendapatkan vaksin dosis I dan 501 orang mengikuti vaksinasi dosis II.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024