Buton Selatan (ANTARA) - Giat ekspo 4 tahun pembangunan Bupati Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, H La Ode Arusani yang digelar disemua kecamatan terus berjalan, dan pada Kamis (18/11) giliran Kecamatan Sampolawa dikunjungi dengan diserahkan sejumlah bantuan.

Berdasarkan rilis yang diterima di Baubau, Sabtu, Bupati Buton Selatan La Ode Arusani berharap bantuan yang diberikan dapat digunakan sebaik-baiknya dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Mudah-mudahan bantuan tersebut dapat bermanfaat dan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Adapun bantuan yang diserahkan antara lain, penyerahan motor kepada 7 imam desa dan gendang rebana kepada BKMT Kecamatan Sampolawa dari bagian kesra, serta penyerahan motor kepada kepala desa dari DPMDes.

Kemudian penyerahan kartu Kusuka kepada 250 nelayan dari Dinas Kelautan dan Perikanan, penyerahan sertifikat tanah sebanyak 143 bidang dari BPN, penyerahan gong dari Dinas Kebudayaan masing-masing untuk Baruga Rongi, Katolemando, Gunung Sejuk, Samulewa, dan Kadie Wawoangi.

Selanjutnya penyerahan uang makan minum ritual adat dari Dinas Kebudayaan masing-masing untuk Baruga Rongi, Katolemando, Gunung Sejuk, Samulewa, dan Kadie Wawoangi.
  Bupati Buton Selatan, H La Ode Arusani menyerahkan bantuan kepada sejumlah siswa saat berkunjung disalah satu kecamatan daerah itu. Dilokasi tersebut juga bupati meletakan batu pertama pembangunan sekolah, beberapa waktu lalu. (Antara/HO)
Penyerahan secara simbolis SK Desa Wisata dari Dinas Pariwisata kepada Desa Bahari 3, Sandang Pangan, Wawoangi, Watiginanda, Bangun, Gunung sejuk, dan Hendea. 

Lalu penyerahan secara simbolis kamera dan laptop untuk 25 Pokdarwis se-Buton Selatan. Penyerahan bantuan peralatan TIK untuk 7 sekolah, masing-masing SDN 1 Watiginanda, SDN2 Wawoangi, SDN 1 Katilombu, SDN 2 Gunung Sejuk, SDN 1 Bahari 1, SDN 1 Gerak Makmur dari Dinas Pendidikan.

Selain itu, penyerahan KK, KTP, KIA dan Akta Kelahiran kepada kepala desa se-Kecamatan Sampolawa dari Disdukcapil. Penyerahan bantuan perumahan swadaya BSPS kepada 5 penerima dari Dinas Perumahan dan Pemukiman. 

Kemudian penyerahan 1 unit mesin pres batako, 10 unit cool box, 5 unit penggilingan adonan kue, 3 unit etalase gorengan, dan 39 unit gerobak jualan dari Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian.

Lalu penyerahan kutivator unit kepada kelompok tani Lamancia, Wapipi dan Latigo Desa Windu Makmur dan penyerahan bibit kopi kepada kelompok tani Pohocia Desa Sandang Pangan dari Dinas Pertanian.

Kemudian penyerahan SK pokdarwis Desa Sandang Pangan dan pelantikan Pokdarwis Desa Bangun. Acara expo 4 tahun pembangunan di Kecamatan Sampolawa ini dilanjutkan pada malam hari dengan agenda pemutaran film. 

Pada kegiatan expo itu turut hadir juga Ketua TP PKK serta sejumlah anggota DPRD, kepala OPD, camat, lurah/kades, tokoh masyarakat, parabela, dan segenap warga setempat.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024